Intip Kepemilikan JKT48, Grup Idola Asal Indonesia yang Bermarkas di Lantai 4 fX Sudirman

Intip Kepemilikan JKT48, Grup Idola Asal Indonesia yang Bermarkas  di Lantai 4 fX Sudirman

JKT48/ilustrasi-ilustrasi-Berbagai Sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - JKT48 adalah grup idola asal Indonesia dan grup saudari AKB48 yang pertama di luar Jepang.

Mengadopsi konsep AKB48, "idol you can meet", grup ini mengadakan pertunjukan rutin di Teater JKT48 yang terletak di Lantai 4 fX Sudirman, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Sejak JKT48 memasuki era proyek NEW ERA (Era Baru) pada 8 Januari 2022, grup ini diakuisisi dari Dentsu Inter Admark Media Group Indonesia oleh IDN Media pada 7 April 2022.

IDN Media merupakan sebuah perusahaan di bidang media bagi kaum milenial dan generasi Z di Indonesia yang didirikan oleh 2 bersaudara Winston Utomo (CEO) dan William Utomo (COO) sejak 8 Juni 2014. 

Namun, proses tersebut sempat dikabarkan rumor yang tengah diperbincangkan mengenai hal ini, walaupun telah dikonfirmasi oleh akun Instagram startup Indonesia @ecommurz.

BACA JUGA:Catat Tanggalnya, JKT48 Akan Segera Rilis Single Original Ketiga

Pada 27 Juni 2022, JKT48 resmi menjadi bagian dari IDN Media, yang ditengahi oleh Reisman Sabaru & Partners Strategic (RSPS) (salah satu firma hukum yang berbasis di Jakarta), dengan nama perusahaan grup ini yang baru adalah PT Indonesia Musik Nusantara,dan dibawah lisensi dari Vernalossom Co. Ltd. (melalui Superball Inc., sejak 2 April 2023) dari Jepang.

Konser pertama JKT48 di bawah IDN Media adalah "Anteraja Presents: JKT48 10th Anniversary Concert "HEAVEN" & Gaby Graduation Ceremony" yang merupakan konser spesial lebih dari 10 tahun JKT48 yang menampilkan seluruh anggota JKT48, dan beberapa sebagian mantan anggota JKT48 lintas generasi (dari generasi pertama hingga ke-9), sekaligus upacara kelulusan untuk Gaby yang merupakan anggota generasi pertama yang terakhir, telah berlangsung di Istora Senayan, Jakarta Pusat, DKI Jakarta pada 6 Agustus 2022.

Tahun 2023

Pasca pandemi Covid-19, JKT48 kembali menggelar acara festival berupa bertemu dan menyapa bersama anggota JKT48 (sebagai pengganti acara jabat tangan bersama anggota JKT48) dengan bertajuk "Nice to See You!" yang berlangsung di BRP Smesco Convention Hall, Smesco Indonesia, Jakarta Selatan, DKI Jakarta pada 7 Mei 2023, di antaranya adalah 7 anggota generasi kesepuluh (Amanda, Callie, Ella, Indira, Lia, Lyn, dan Raisha) yang ditetapkan dari status siswi pelatihan menjadi anggota tetap JKT48 dan secara efektif mulai 8 Mei 2023.

Pada 2 Juli 2023, JKT48 mulai menggelar acara konser festival musim panas pertamnya dengan bertajuk "JKT48 Summer Festival 2023" yang berlangsung di Tennis Outdoor Senayan, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. 

Di antara momen kemeriahan konser tersebut adalah pada pertunjukan pertama atau (Nami), 13 siswi pelatihan dari generasi kesebelas bersama manajer umum Teater JKT48 Melody membawakan lagu "Kitagawa Kenji" dengan versi baru dan diberi judul ulang sebagai "Melody Nurramdhani"; dan pada pertunjukan kedua atau (Hanabi), Shani (anggota generasi ketiga dan Kapten JKT48) mengumumkan akan segera lulus dari JKT48 pada waktu yang akan datang, setelah 9,5 tahun berkarier di JKT48.

Setelah 5 triwulan, tepatnya pada 6 Oktober 2023, IDN Media (selaku perusahaan induk JKT48) telah meresmikan kantor baru JKT48 yang terletak di lantai 3 Menara Global, Jakarta Selatan, DKI Jakarta. 

Hal ini telah disambut baik oleh Winston Utomo (CEO IDN Media), William Utomo (COO IDN Media), Fritz (Manajer Umum JKT48), dan Shani (Kapten JKT48). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: