Persiapan Seleksi CPNS 2024, Pelajari 10 Contoh Soal TWK SKD dan Kunci Jawaban

Persiapan Seleksi CPNS 2024, Pelajari 10 Contoh Soal TWK SKD dan Kunci Jawaban

Contoh soal TWK SKD CPNS 2024 dan kunci jawaban--Radarpena

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sebagai persiapan seleksi CPNS 2024 yang akan segera dibuka dalam waktu dekat, para pelamar bisa mempelajari contoh soal TWK SKD dan kunci jawaban untuk bahan belajar.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) merupakan salah satu bagian dari Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024. 

TWK bertujuan untuk menilai pengetahuan dan pemahaman peserta tes mengenai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, wawasan kebangsaan, dan kenegaraan.

Jadi, selain mempersiapkan diri dengan menyiapkan berkas dan segala persyaratan dokumen yang dibutuhkan, kamu juga perlu menyiapkan diri dengan mempelajari contoh soal SKD CPNS 2024 seperti soal-soal TWK.

Dengan mempelajari materi TWK secara menyeluruh, berlatih soal TWK, kamu akan bisa mengerjakan soal tes SKD dengan mudah dan mampu memahami isi soalnya.

Untuk itu, kami akan membagikan kumpulan contoh soal TWK SKD CPNS 2024 beserta kunci jawaban yang bisa kamu jadikan bahan belajar. 

BACA JUGA:

Contoh soal TWK SKD ini merupakan soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya yang pernah keluar dalam tes seleksi CPNS, yang diprediksikan akan muncul kembali pada tahun ini.

Berikut adalah 10 contoh soal TWK CPNS 2024 beserta kunci jawabannya sebagai persiapan matang menuju SKD.

1. Ombudsman adalah lembaga negara yang mempunyai kewenangan mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik yg diselenggarakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan termasuk yang diselenggarakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Masyarakat dapat melaporkan adanya dugaan malaadministrasi seperti penundaan pengurusan berkas, penyimpangan prosedur, dan tidak memberikan pelayanan. Namun kasus malaadministrasi yang terjadi di Indonesia belum seluruhnya dilaporkan masyarakat ke Ombudsman karena masyarakat kurang familiar dengan lembaga ini. Akibatnya masih banyak malaadminitrasi yang berkembang di beberapa pos pelayanan pemerintahan. Upaya yang paling tepat yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk menghentikan malaadminitrasi tersebut adalah... 

a. Mendemo Ombudsman karena tidak tegas menangani kasus-kasus yang sudah ada 

b. Menegakkan Hukum dengan pola pikir masyarakat yakni kekerasan yang menjawab 

c. Menggalakkan sosialisasi untuk melakukan pengaduan dan ikut mengawasi kasus yang dilaporkan kepada ombudsman   

d. Meminta Presiden membuat peraturan yang memberikan Ombusdman kewenangan penuh untuk mengusut tuntas setiap malaadministrasi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: