Suami Wajib Tahu! Kenali 5 Gejala Kecemasan Pasca Ibu Melahirkan, Bahaya Jika Dibiarkan

Suami Wajib Tahu! Kenali 5 Gejala Kecemasan Pasca Ibu Melahirkan, Bahaya Jika Dibiarkan

Baby Blues adalah salah satu dari sekian banyak gangguan kecemasan yang mengarah pada kesehatan mental seorang ibu pasca melahirkan.--Freepik

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sebagai orangtua, kelahiran anak adalah kebahagian yang tidak bisa diungkapkan. Akan tetapi di lain sisi, ada ancaman bagi seorang ibu yang baru saja melahirkan terkait masalah kesehatan.

Melansir dari laman Mayo Clinic, kelahiran bayi bisa memicu berbagai perasaan emosi yang kuat, mulai dari perasaan bahagia hingga kecemasan. Bahkan tidak sedikit juga, ibu merasakan depresi pasca melahirkan.

Biasanya gangguan emosi yang dialami oleh seorang ibu pasca melahirkan dikenal dengan istilah baby blues.

Namun ternyata tidak hanya itu saja, ada banyak gangguan kecemasan jiwa yang bisa dialami oleh seorang ibu pasca dari melahirkan.

BACA JUGA:

Berikut ini beberapa gangguan kecemasan yang dialami oleh ibu setelah melahirkan:

1. Baby Blues

Sebagian besar ibu baru akan mengalami baby blues atau maternity blues. Ini merupakan fase ketidakstabilan emosi setelah melahirkan. 

Bably blues disebabkan perubahan hormonal yang diperparah dengan stres setelah melahirkan, kemudian dapat menyebabkan kecemasan, tangisan, dan kegelisahan yang hilang dalam dua minggu pertama setelah melahirkan.

Baby blues sebenarnya merupakan bentuk depresi ringan dan bersifat sementara yang akan hilang begitu hormon sudah stabil. 

Umumnya gejala baby blues tidak mengganggu fungsi sosial dan pekerjaan perempuan. Baby blues juga bersifat self-limiting dan tidak memerlukan intervensi aktif kecuali dukungan sosial dan kepastian dari anggota keluarga

2. Depresi pasca persalinan

Depresi pasca persalinan (PPD) umumnya sulit dibedakan dengan depresi yang terjadi pada waktu lain dalam kehidupan perempuan. 

Pada sebagian ibu baru, perasaan tidak enak setelah melahirkan bukan sekadar kesedihan ringan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: