Deretan Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Tipes, Baik untuk Pemulihan

Deretan Buah yang Aman Dikonsumsi Penderita Tipes, Baik untuk Pemulihan

Daftar buah-buahan yang baik dikonsumsi untuk masa pemulihan penderita tipes.-Foto: Unsplash.com/JuliaZolotova-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Penyakit tipes atau demam tifoid merupakan penyakit pada saluran pencernaan yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella typhi.

Salmonella typhi ini merupakan bakteri yang masuk ke dalam sistem pencernaan melalui makanan dan minuman yang terkontaminasi. 

Saat mengalami tipes, penderita tidak dianjurkan sembarangan untuk mengonsumsi makanan. Hal ini dikarenakan ada beberapa makanan yang berisiko memperparah kondisi.

Sebaliknya, ada juga berbagai makanan yang baik untuk penderita tipes.

Makanan yang umumnya dianjurkan adalah madu, sayuran hijau, ikan, yogurt, telur, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, buah juga kerap direkomendasikan untuk dikonsumsi saat menderita tipes. Mengapa demikian?

Sebab, beberapa buah memiliki kadar air yang tinggi sehingga bisa membantu memenuhi dan memulihkan asupan cairan tubuh agar terhindar dari dehidrasi.

BACA JUGA:

Nah, untuk lebih lengkap mengenai detailnya, simak pilihan buah yang baik untuk pemulihan bagi penderita tipes yang bisa dikonsumsi.

Pisang 

Pisang juga dapat menjadi pilihan buah untuk sakit tipes. Tekstur pisang yang lembut dan lembek membuatnya mudah dicerna oleh penderita tipes.

Selain itu, probiotik yang terkandung dalam pisang baik untuk sistem pencernaan dan dapat meringankan keluhan diare yang terjadi selama sakit tipes.

Semangka 

Semangka mengandung banyak air dan rendah serat yang baik untuk penderita tipes.

Hal ini karena kandungan air dan serat dalam semangka dapat meringankan masalah buang air besar selama tipes. Tak hanya itu, kandungan air dalam buah untuk sakit tipes ini juga dapat menjaga tubuh agar tetap terhidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: