Menpan RB Pastikan 17 Ribu ASN Bakal Pindah ke IKN pada September 2024

Menpan RB Pastikan 17 Ribu ASN Bakal Pindah ke IKN pada September 2024

Sebanyak 17 Ribu ASN Bakal Pindah ke IKN pada September 2024-Foto: Ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memastikan, bahwa aparatur sipil negara (ASN) bakal pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada September 2024.

Ia menyebutkn, bahwa jumlah ASN yang diprioritaskan pindah pertama ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sebanyak 11.916 pegawai.

"Pemindahan tetap disesuaikan dengan ketersediaan hunian dan infrastruktur," kata Anas di Jakarta, dikutip Senin 22 April 2024.

Menurut Anas, prioritas pertama ASN yang dipindahkan ke IKN sebanyak 11 ribu orang. 

"Kemudian pada tahap kedua 6 ribu orang, dan tahap ketiga 14 ribu orang," ujarnya. 

BACA JUGA:Jokowi Buka Suara Terkait Hasil Putusan MK dalam Perkara PHPU Pilpres 2024

BACA JUGA:Buruan Cek! Inilah Daftar 6 Bansos Pemerintah yang Bakal Cair di April 2024

Anas mengatakan, bahwa nantinya para ASN yang pindah pada kloter pertama akan mengikuti upacara bendera peringatan Hari Kemerdekaan di IKN pada 17 Agustus 2024. 

"Untuk itu pemindahan dilakukan bertahap pada September 2024. Sedangkan beberapa menteri akan pindah mulai Juli 2024," terangnya.

Setiap ASN, kata Anas, akan mendapatkan satu hunian apartemen dan yang dipindahkan pertama bakal diberikan tunjuangan khusus. 

"Pemerintah akan menanggung biaya pengepakan, biaya tunggu atau penginapan transit di Balikpapan, dan biaya transportasi berupa tiket pesawat searah dan transportasi lokal," tuturnya.

Adapun biaya yang ditangung pemerintah, lanjut Anas, antara lain satu ASN, 1 pasangan ASN, dua anak, dan satu asisten rumah tangga (ART). 

"Setiap ASN yang sudah berkeluarga mendapatkan 1 unit apartemen, sedangkan yang belum tinggal bersama dengan 2 ASN lainnya," jelasnya.

BACA JUGA:Stok BBM dan LPG Menipis, Menteri ESDM: Kita Bisa Nahan Sampai Juni 2024!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: