Manfaat Rutin Mengonsumsi Jamu, Salah Satunya Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat Rutin Mengonsumsi Jamu, Salah Satunya Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat jamu untuk kesehatan.-Foto: Instagram.com/@trans7club-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jamu merupakan salah satu minuman tradisional yang sudah tidak asing lagi di masyarakat. Minuman yang berasal dari rempah-rempah dan tanaman asli Indonesia ini sudah dipercaya sejak dahulu untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mengkonsumsi jamu sangat lekat dengan tradisi kebudayaan lokal bangsa Indonesia disamping minum jamu sebagai upaya untuk menjaga kesehatan. Terutama dimusim pancaroba dimana pergantian dari musim kemarau ke musim hujan begitu juga sebaliknya, ada beberapa orang yang sangat tergantung dengan jamu. 

Anggapan tanpa jamu badan akan terasa lesu dan pegal-pegal, sehingga jamu menjadi konsumsi rutin setiap hari. Kementerian Kesehatan menyebutkan, pada dasarnya jamu boleh dikonsumsi setiap hari.

Minum jamu setiap hari merupakan upaya untuk menjaga daya tahan tubuh agar virus tidak mudah menyerang, pemeliharaan kesehatan, pemulihan, kebugaran, bahkan kecantikan.

BACA JUGA:

Bahkan, Kementerian Kesehatan pun mencanangkan program gerakan minum jamu guna mengajak masyarakat memanfaatkan jamu untuk meningkatkan kesehatannya.

Ramuan ini secara turun-temurun telah digunakan untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Beberapa manfaatnya adalah menambah nafsu makan, menghilangkan pegal linu, mengontrol berat badan hingga meningkatkan stamina atau energi. 

Manfaat ini bisa kamu rasakan dari beras kencur, kunyit asam, brotowali dan kunci sirih. Berikut ini kelima manfaat minum jamu yang bermanfaat untuk tubuhmu. Diantaranya:

Membantu Mempertahankan Imunitas

Racikan temulawak, kunyit, dan jahe adalah salah satu resep jamu yang dapat dikonsumsi secara rutin. Ketiga bahan tersebut memiliki manfaat baik antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas perusak sel tubuh, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh. Temulawak adalah tanaman yang dipercaya memberi manfaat perlindungan pada organ hati, sedangkan jahe berfungsi memperlancar peredaran darah dan menghangatkan tubuh. Kunyit adalah antibiotik alami yang juga dapat melindungi pencernaan.

 

Jaga Kadar Kolesterol

Manfaat minum jamu yang kedua adalah membantu menjaga kadar kolesterol dalam darah. Kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi sumber penyakit serius lainnya, seperti penyakit jantung dan stroke. Ramuan jamu yang tepat seperti campuran sereh dan jahe. Karena keduanya bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kadar kolesterol.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: