Polisi Tutup Lalulintas Harmoni Arah Jalan Merdeka, Warga Diimbau Hindari Kawasan Monas Hari Ini

Polisi Tutup Lalulintas Harmoni Arah Jalan Merdeka, Warga Diimbau Hindari Kawasan Monas Hari Ini

Polri terjunkan ribuan personel amankan aksi demo di Monas, Kamis 18 April 2024-Foto: Ilustrasi/Humas Polri -

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID-Polisi mengimbau para pengendara menghindari kawasan sekitar Monumen Nasional (Monas), Bundaran Patung Arjuna Wijaya (Patung Kuda), dan Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat pukul 09.00 WIB, karena adanya aksi demonstrasi. 

"Diimbau kepada pengguna jalan untuk menghindari kawasan tersebut dan mencari rute alternatif guna menghindari kepadatan lalu lintas," demikian imbauan polisi melalui laman Twitter TMC Polda Metro Jaya, Senin 22 April 2024.

Sementara itu, terkait rekayasa lalu lintas, Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan penerapan bersifat situasional apabila eskalasi meningkat.

BACA JUGA:Google Doodle Rayakan Hari Bumi 2024, Menyelami Sejarah dan Tujuan Peringatannya

Polisi berencana menutup lampu lalu lintas atau traffic light (TL) Harmoni yang mengarah ke Jalan Merdeka Barat dan mengalihkan ke Jalan Kesehatan. 

Kemudian, Jalan Perwira yang mengarah ke Jalan Merdeka Utara juga ditutup untuk kemudian dialihkan ke jalur ke arah Masjid Istiqlal dan Lapangan Banteng.

Selain itu, menutup TL Thamrin dan mengalihkan ke Jalan Kebon Sirih yang mengarah ke Jalan Abdul Muis dan ke Patung Tani.

BACA JUGA:30 Pengusaha Terkaya dari Indonesia 2024 Versi Majalah Forbes, Hartanya Ada Tembus Rp800 Triliun

"Kami imbau untuk warga yang akan melintas di sekitar Monas untuk mencari jalan alternatif lainnya karena akan ada aksi penyampaian pendapat di Patung Kuda.” tambahnya.

Lalu terkait pengamanan pada aksi demonstrasi terkait sidang putusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) atau Pemilu 2024, di Gedung Mahkamah Konstitusi, polisi menyiagakan sebanyak 7.783 personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP dan Dinas Perhubungan.

Lebih lanjut, para personel ini akan dibagi di beberapa titik rawan massa unjuk rasa yakni di sekitar gedung MK, Bawaslu RI, dan Monumen Nasional (Monas).

"Kami mengimbau agar warga berdoa untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia, mari kita bersama-sama menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, jangan terpecah belah akibat berita hoaks yang bersifat provokatif dan mari kita berdoa untuk mewujudkan Indonesia yang aman, damai dan bermartabat," kata Kapolres.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: