Penyakit Misterius Ancam Argentina, 20 dari 60 Pasien Terindikasi Kena Penyakit Psittacosis

Penyakit Misterius Ancam Argentina, 20 dari 60 Pasien Terindikasi Kena Penyakit Psittacosis

Penyakit Psittacosis merupakan demam burung beo yang saat ini mengancam Argentina, di mana mayoritas pasien mengalami gangguan pernapasan layaknya Covid.--Senta

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Muncul jenis penyakit baru yang diduga mirip Covid 19 ditemukan di Argentina.

Berdasarkan laporan sudah ada 60 pasien yang dilarikan kerumah sakit karena mengidap penyakit flu yang menyerang pernapasan manusia.

Melansir dari laporan Express, penyakit misterius ini menyerang para kalangan remaja yang sebelumnya tidak memilki riwayat penyakit kronis.

Dan dari laporan juga diketahui bahwa mayoritas pasien yang dirawat dirumah sakit akibat penyakit misterius tersebut membutuhkan bantuan pernapasan, seperti hal yang terjadi pada kasus covid.

BACA JUGA:Mengenal Penyakit Autoimun yang Diidap Erika Carlina, Ini Gejala dan Penyebabnya!

BACA JUGA:Mengenal Pneumothorax, Penyakit yang Diidap Idol K-pop Winter Aespa hingga Jalani Operasi

Sistem Pengawasan Kesehatan Internasional ProMED mengeluarkan peringatan tentang kasus pneumonia parah di Buenos Aires pada Rabu, 17 April 2024.

Diketahui ProMED merupakan program dari International Society for Infectious Disease yang pertama kali memberitahu pihak berwenang soal COVID-19 di tahun 2019.

Sistem pengawasan tersebut menyebut selama 30 hari terakhir terjadi peningkatan kasus pneumonia atipikal yang memerlukan perawatan di kota tersebut.

Meskipun begitu, hingga saat ini Kementerian Kesehatan Argentina belum memberikan pernyataan resmi terkait penyakit misterius yang menyerang beberapa korban.

Berdasarkan laporan tersebut dari 60 pasien yang dirawat, 20 orangnya terindikasi memiliki tanda gejala penyakit psittacosis.

Namun berdasarkan data peringatan yang dikelurakan oleh ProMED menyebutkan bahwa kebanyakan pasien yang mendapatkan perawatan tidak memiliki riwayat kontak sebelumnya dengan unggas.

Penyakit psittacosis dikenal juga dengan demam burung beo yang disebabkan oleh bakteri Chlamydophila psittaci. Penyakit ini dikaitkan dengan burung parkit, beo, dan cockatiel. 

Jenis penyakit ini juga dapat menimbulkan gejala seperti flu yang dapat meningkat menjadi pneumonia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: