Penting! Ketahui 6 Penyebab Aki Motor Cepat Drop, Pengendara Wajib Tahu

Penting! Ketahui 6 Penyebab Aki Motor Cepat Drop, Pengendara Wajib Tahu

Aki menjadi bagian terpenting dalam kendaraan motor untuk masalah kelistrikan--

Spull bekerja menghasilkan daya listrik melalui magnet yang di gerakan oleh spull. Kiprok dan spull saling berhubungan dan berkaitan dalam kendaraan. Apabila Kiprok normal namun spull nya bermasalah, maka daya listrik yang di hasilkan pun tersendat. 

Untuk mengetahui spull bermasalah atau tidak, bisa di lakukan pengukuran tegangan dari arus listrik pada spull sebelum ke kiprok. Pengukuran dapat di lakukan menggunakan multitester dan jenis arusnya sendiri alternating current (AC) yang tidak mengalir searah.

Hall tersebut dapat di lakukan apabila di temukan indikasi kerusakan spull yang di tandai dengan aki cepat melemah meski sudah di charger atau di ganti dan kiproh dalam kondisi baik (tidak rusak).

3. Melakukan modifikasi berlebihan pada bagian lampu

Banyak dijalan yang kita temukan telah dimodifikasi dengan berbagai macam gaya dengan tingkat pencahayaan yang di luar standar. Alasan penggantian lampu bisa karena pemilik ingin cahaya yang dihasilkan lebih terang dan menarik.

Akan tetapi memodifikasi pada bagian ini dapat menambah beban listrik yang dibutuhkan sepeda motor ketika beroperasi. Karena hal tersebut sering tidak memperhatikan arus listrik yang di hasilkan membuat aki menjadi cepat lemah.

Sebaiknya menggunakan aksesoris lampu atau modifikasi yang sesuai standard dan daya arus listrik pada sepeda motor.

BACA JUGA:Simak, Begini Cara Hindari Potensi Rem Blong pada Motor

BACA JUGA:Tips dan Trik Touring Aman dan Nyaman dengan Motor Listrik

4. Menjaga kebersihan Aki

Selain kebersihan sebagian dari iman, kebersihan pada aki juga berpengaruh pada kerja aki itu sendiri. Aki yang kotor dapat menyebabkan pengisian daya tidak optimal saat mesin sepeda motor di nyalakan. Itu sebabnya kita perlu secara rutin membersihkan aki khususnya pada sektor terminal. 

Senyawa kimia asam sulfat pada aki dapat memicu timbulnya kotoran atau karat pada terminal, baik pada aki Basah maupun aki kering. Jika terminal sudah tertutup kotoran, pengisian daya tidak maksimal sehingga menyebabkan aki cepat melemah.

5. Kendaraan jarang digunakan

Pernah  mendengar istilah apabila motor sering digunakan, aki-nya akan jauh lebih awet dari pada yang sering tinggal di garasi rumah? ternyata fakta tersebut adalah benar. Hal ini dikarenakan, prinsip charge dan discharge yang digunakan oleh aki.

Jadi, ketika motor gunakan maka saat itu akan lakukan pengisian daya aki, dan sebaliknya bila tidak sering dipakai bisa menyebabkan voltase berkurang. Penurunan itulah, yang menyebabkan motor juga harus rutin untuk digunakan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: