Google Pecat 28 Karyawan Pro Palestina Protes Hubungan Bisnis dengan Israel

Google Pecat 28 Karyawan Pro Palestina Protes Hubungan Bisnis dengan Israel

Google pecat karyawan pro Palestina-Foto: X/@NoTechApartheid-

Staf yang dipecat tersebut berafiliasi dengan kelompok bernama No Tech For Apartheid, yang mengkritik tanggapan Google terhadap perang Israel-Hamas.

Kelompok tersebut telah mengunggah beberapa video dan siaran langsung protes tersebut di akun X-nya – termasuk saat yang tepat ketika para karyawan diberi peringatan terakhir dan ditangkap oleh polisi setempat karena masuk tanpa izin.

Para pengunjuk rasa menuntut Google menarik diri dari kontrak 'Proyek Nimbus' senilai $1,2 miliar (atau setara dengan Rp19.537.800.000.000 kurs hari ini,red) – di mana Google Cloud dan Amazon Web Services menyediakan layanan komputasi awan dan kecerdasan buatan untuk pemerintah dan militer Israel.

Pengunjuk rasa digambarkan mengenakan har yang bertuliskan 'Anda berada di tanah Pribumi.'

Para kritikus di perusahaan tersebut menyuarakan kekhawatiran bahwa teknologi tersebut akan dijadikan senjata terhadap warga Palestina di Gaza.

Sementara itu, Juru Bicara No Tech For Apartheid Jane Chung, berbicara atas nama para pekerja  yang dipecat google. 

"Malam ini, Google tanpa pandang bulu memecat 28 pekerja, termasuk mereka yang tidak secara langsung berpartisipasi dalam protes bersejarah yang berlangsung selama 10 jam di dua pantai kemarin,” kata para pekerja tersebut dalam pernyataannya," tulis Jane Chung. 

"Tindakan pembalasan yang mencolok ini merupakan indikasi jelas bahwa Google lebih menghargai kontrak senilai $1,2 miliar dengan pemerintah dan militer Israel yang melakukan genosida dibandingkan pekerjanya sendiri – mereka yang menciptakan nilai nyata bagi para eksekutif dan pemegang saham.”

"Sundar Pichai dan Thomas Kurian adalah pencatut genosida,” tambah pernyataan itu, mengacu pada CEO Google dan CEO unit cloud-nya.

"Kami tidak dapat memahami bagaimana orang-orang ini bisa tidur di malam hari sementara teknologi mereka telah menyebabkan 100.000 warga Palestina terbunuh, dilaporkan hilang, atau terluka dalam enam bulan terakhir genosida Israel – dan terus bertambah.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: