Pemerintah Gelar Sidang Isbat, Diprediksi Idul Fitri Serentak Rabu 10 April 2024

Pemerintah Gelar Sidang Isbat, Diprediksi Idul Fitri Serentak Rabu 10 April 2024

Gambaran pelaksanaan Sidang Isbat Kemenag, Prediksi tahun 2024 idul fitri akan jatuh serentak pada 10 April 2024 Foto : Disway --

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Kementerian Agama RI akan menggelar sidang isbat pada Selasa 9 April 2024 sore. 

Sebelumnya disaat bersamaan Kemenag Pusat akan menerima laporang secara langsung dari petugas-petugas pemantau Hilal yang tersebar di titik-titik pemantauan di seluruh Indonesia untuk melihat bulan baru.

Proses melihat secara langsung bulan baru atau hilal tersebut dalam agama islam dinamakan Rukyatul Hilal.

Sederhananya Rukyatul hilal adalah saat pengamatan dilangsungkan, jika hilal terlihat maka keesokannya langsung ditetapkan sebagai hari Raya 1 Syawal 1445 H atau untuk tahun 2024 ini jatuh pada hari Rabu 10 April 2024.

BACA JUGA:

Tetapi bila dari hasil pemantauan hilal tidak terlihat, karena terhalang oleh awan atau karena faktor cuaca, maka bulan Ramadan akan digenapkan menjadi 30 hari atau istikmal, sehingga dengan demikian Hari Raya Idul Fitri akan diselanggarakan pada Hari Kamis 11 April 2024 dan disampaikan oleh Menteri Agama mewakili Pemerintah

Lantas jika demikian apa yang dimaksud dengan sidang isbat.

Sidang isbat secara ringkas berarti penyungguhan, penetapan dan penentuan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu Majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.

Menarik kali ini dalam sidang isbat yang digelar Selasa 9 April tersebut, diprediksi Hari Raya akan jatuh secara bebarengan atau serempak yakni pada Rabu 10 April 2024.

Hal tersebut dikarenakan menurut Pemerintah, dengan mempertimbangkan posisi ketinggian hilal saat itu berkisar antara 4 derajat 52,7 menit sampai dengan 7 derajat 37,8 menit.

Juga elongasi berkisar antara 8 menit 23,08 derajat 23,68 menit sampai dengan 10 derajat 12,94 menit.

Berdasarkan kriteria MABIMS bahwa telah disepakati kondisi seperti itu, memenuhi kriteria visibilitas hilal ikhwanul rukyat yaitu setinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 0,6 derajat.

Jika seperti itu yang terjadi, sudah barang tentu patut kita syukuri hasilnya karena idul fitri akan jatuh serentak pada Hari Rabu 10 Apri 2024.

Seperti yang sudah diketahui Pengurus Pusat Muhammadiyah melalui Keputusannya sudah lebih dulu menetapkan Idul Fitri akan dilaksanakan pada 10 April 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: