Waspada Jentik di Penampungan Air! Pastikan Rumah Bersih Sebelum Mudik untuk Cegah DBD

Waspada Jentik di Penampungan Air! Pastikan Rumah Bersih Sebelum Mudik untuk Cegah DBD

Ilustrasi nyamuk demam berdarah--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Sebelum memulai mudik atau perjalanan menuju kampung halaman, pastikan untuk membersihkan rumah dengan baik. 

Hal ini penting agar rumah tidak tergenang air dan menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk Demam Berdarah Dengue (DBD). 

Terutama menjelang Lebaran Idul Fitri 2024, lonjakan kasus flu Singapura dan Demam Berdarah Dengue (DBD) perlu diwaspadai. 

Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan memberikan peringatan serius terkait masalah tersebut. Masyarakat diminta untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sebagai langkah pencegahan demam berdarah. 

"Untuk kasus flu burung, kami terus mendorong masyarakat untuk menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS)," kata Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Selatan, Yudi Dimyati saat dikonfirmasi, Jumat, 5 April 2024.

BACA JUGA:

Dengan begitu, tidak hanya kesehatan pribadi yang terjaga, tetapi juga lingkungan sekitar rumah akan lebih aman dari potensi penyakit yang mengancam.

Yudi pun dengan tegas menyatakan bahwa pihaknya telah mengambil langkah-langkah pencegahan yang beragam dalam menanggapi peningkatan kasus DBD. 

"Termasuk sosialisasi Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (PSN) dan PHBS oleh Bapak Walikota saat acara tarawih keliling, yang diikuti oleh para camat lurah serta kepala UKPD," tegasnya.

PSN telah dilaksanakan secara serentak pada tanggal 28 Maret dan akan berlanjut dua kali seminggu hingga angka kasus menurun. 

Selain itu, fogging serentak dilakukan di seluruh Jakarta Selatan pada tanggal 4 Maret 2024 untuk daerah-daerah yang terdampak kasus DBD. 

Yudi juga memberikan imbauan kepada para pemudik agar menjaga kebersihan rumah yang hendak ditinggalkan saat mudik lebaran. 

BACA JUGA:

"Kami juga mengimbau para pemudik untuk memastikan rumah yang ditinggalkan bebas dari genangan air serta menggunakan lotion anti nyamuk saat mudik, sebagai langkah preventif tambahan," tuturnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: