Spot Anti Gabut! Liburan di Kalimantan yang Punya Tempat Wisata Paling Populer, Cek List-nya

Spot Anti Gabut! Liburan di Kalimantan yang Punya Tempat Wisata Paling Populer, Cek List-nya

Tempat wisata di Kalimantan yang anti gabut--traveloka

JAKARTA,RADARPENA.CO.ID - Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dan bahkan dunia.

Pulau Kalimantan berada di sebelah utara Pulau Jawa dan sebelah barat Pulau Sulawesi dengan luas wilayah mencapai 743.330 km². Pulau yang dikenal dengan Borneo ini terbagi menjadi lima provinsi. 

Selain Borneo, Kalimantan juga memiliki julukan “Pulau Seribu Sungai” yang membuat terdapat banyak pasar terapung dan menjadi salah satu daya tarik pulau ini. Kalimantan menjadi salah satu pilihan surga wisata bagi kamu yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk kehidupan kota dan tempat kerja. Kalimantan memiliki berbagai tempat wisata yang patut dicoba. Mulai dari wisata alam hingga wisata keluarga.

BACA JUGA:Libur Lebaran 2024 di Jakarta Juga Bisa Kok! Ini Daftar Wisata Religi di Jakarta Barat

Berikut 6 tempat wisata paling populer di Kalimantan

1. Taman Hutan Rakyat Sultan Adam 

Tempat pertama yang direkomendasikan adalah Taman Hutan Rakyat Sultan Adam. Sering disebut sebagai Tahura Mandiangin, kamu akan diajak naik ke dataran tinggi untuk melihat pemandangan menakjubkan. Mulai dari indahnya Waduk Riam Kanan hingga menariknya penangkaran rusa Sambar yang terlihat dari atas. Tidak hanya alamnya yang memanjakan mata, kamu juga akan menemukan puing-puing bangunan Belanda bersejarah di sana. Taman Hutan Rakyat Sultan Adam menjadi satu tempat wisata dengan beragam daya tarik yang harus dikunjungi.

 

2. Pulau Derawan

Berada di Kalimantan Timur, pulau ini memiliki beberapa objek wisata yang menakjubkan. Terdapat batu sepanjang 18 meter berjarak 10 meter di bawah permukaan laut, yakni Blue Tigger Wall, salah satu yang terbaik untuk menyelam.Tak hanya itu, berenang bersama ubur-ubur juga menjadi daya tarik lain utamanya. Snorkeling atau diving pun akan membuat liburanmu jadi lebih berkesan.

BACA JUGA:Liburan Sekolah dan Idul Fitri, Ndayu Park Sragen Sajikan Pesona Hiburan Keluarga, Murah dan Terjangkau

3. Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin

Banjarmasin bersama dengan Banjarbaru telah membentuk pusat kita metropolitan terbesar ke sembilan di Indonesia. Banjarmasin masih menjadi kota seribu sungai dan masih menjadi pelabuhan penting di Kalimantan. Sungai-sungai yang ada di Banjarmasin juga masih memerankan peran penting dalam kehidupan masyarakat Banjar. Banjarmasin begitu menarik dengan pinggiran kota yang dilalui oleh kanal dan bagaimana sebagian besar perdagangan di kota ini berlangsung di atas air.

Pasar Terapung Muara Kuin terletak di Sungai Barito dan merupakan tempat yang tepat untuk melihat lalu lintas semua jenis perahu yang menjual banyak hal, seperti pisang, udang, ikan, ubi, kelapa, bayam, rempah-rempah hingga cabai dan apapun yang sedang musim. Kamu akan puas melihat keseharian masyarakat Banjar yang telah berjalan ratusan tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: