Pemudik Diwanti-wanti Jalur Rawan Kecelakaan di Lampung

Pemudik Diwanti-wanti Jalur Rawan Kecelakaan di Lampung

Deputi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Warsito wanti-wanti pemudik agar waspada jalur kecelakaan di Lampung-Foto: Dok/Kemenko PMK-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID-Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengapresiasi langkah Polda Lampung yang akan mengawal pemudik sepeda motor.

Pengawalan dilakukan untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Deputi Peningkatan Kualitas Pendidikan dan Moderasi Beragama Kemenko PMK, Warsito menyebutkan, ada ruas jalan yang dinilai cukup rawan begal di malam hari.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Komentari soal Dijedanya Liga 1 Oleh PSSI: Timnas Sedang Berkembang!

"Yang saya ketahui adalah di jalur [Lampung] Timur ya," kata Warsito dalam acara Deputy Meet The Press, di Jakarta, Senin 1 Maret 2024.  

"Kalau dulu di jalur nasionalnya sejajar dengan jalur tersebut, di Lampung Timur khususnya. Lampung Timur ke arah Mesuji, kebetulan saya baru dari sana jadi saya hafal itu jalurnya."  

BACA JUGA:Marak Jual Beli Tiket Mudik Gratis, Kemenhub: Jika Nama dan NIK Berbeda Tidak Berlaku

Warsito mengatakan, terkait daerah rawan kriminal dan kejahatan sebenarnya sudah tidak ada.

Namun, sebagai langkah antisipasi pihaknya mengapresiasi kebijakan-kebijakan lokal yang diterapkan Polda Lampung. 

"Sesungguhnya bicara kerawanan (begal) itu sudah tidak ada. Tapi itu adalah antisipasi yang dilakukan oleh Polda Lampung" ujarnya.

"Di daerah titik-titik arah misalkan Lampung Timur, yang memang dulu kalau di jalur lama (jalur Nasional). Memang ada daerah sangat panjang beberapa puluh kilometer tidak ada rumah." 

"Diharapkan dalam hal ini Polda Lampung akan mengawal di titik tersebut. Untuk itu tentu kami mewakili Kemenko PMK mengapresiasi langkah yang diambil Polda Lampung untuk mengawal supaya mudik ini benar-benar ceria dan penuh makna."  

Polda Lampung menegaskan siap untuk mengawal pemudik yang menggunakan sepeda motor dari Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Umi Fadillah mengatakan pengawalan yang dilakukan merupakan langkah preventif. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: