Jembatan Baltimore di Amerika Serikat Runtuh, Berikut Ini Penyebab dan Dampaknya

Jembatan Baltimore di Amerika Serikat Runtuh, Berikut Ini Penyebab dan Dampaknya

Jembatan Baltimore runtuh tertabrak kapal kontainer--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jembatan Baltimore merupakan salah satu sektor sentral di Amerika Serikat. Berikut ini adalah pembahasannya.

Sejarah Jembatan Baltimore 

Jembatan Francis Scott Key di Baltimore mulai dibangun pada tahun 1972 dan dibuka pada tanggal 23 Maret 1977. Jembatan ini memiliki panjang 1,6 mil. Konstruksinya membentang di Sungai Patapsco yang memanjang dari Pelabuhan Inner Baltimore hingga Teluk Chesapeake.

Jembatan ini berfungsi sebagai bagian penting dari Interstate 695, yang membawa lalu lintas utara-selatan di sekitar Kota Baltimore. Struktur tersebut membawa empat jalur lalu lintas, dua di setiap arah, dipisahkan oleh pembatas beton.

Menurut Otoritas Transportasi Maryland (MDTA), jembatan tersebut berfungsi sebagai bagian dari jaringan penyeberangan yang menawarkan transportasi nyaman untuk lalu lintas lokal dan antarnegara bagian. Jembatan itu dibangun setelah Terowongan Pelabuhan Baltimore mencapai kapasitas lalu lintasnya dan menelan biaya lebih dari 60 juta dolar, menurut MDTA.

BACA JUGA:Gudang Peluru Kodam Jaya yang Terbakar di Bogor Simpan Peluru Kaliber Besar

Pembangunan jembatan empat jalur itu dianggap sebagai tonggak penting dalam perencanaan transportasi Maryland, sebuah organisasi nirlaba yang didedikasikan untuk melindungi situs bersejarah. Jembatan itu juga merupakan salah satu jembatan rangka terpanjang di Amerika Serikat, menurut American Society of Civil Engineers.

Sungai Patapsco sendiri merupakan tempat penulis lagu nasional AS Francis Scott Key menulis "Star Spangled Banner" pada tahun 1814 setelah menyaksikan kekalahan Inggris di Pertempuran Baltimore dan pemboman Inggris di Fort McHenry.

Jembatan Francis Scott Key dibangun dengan perkiraan biaya 110 juta dolar. Jembatan bergaya rangka logam ini memiliki dek gantung, desain yang menyebabkan keruntuhan total. Kapal kargo diperkirakan menabrak dermaga beton utama, yang bertumpu pada tanah di bawah air dan merupakan bagian dari pondasi.

 

Berikut fakta dan dampak dari runtuhnya jembatan Baltimore:

Fakta-fakta Jembatan Baltimore Ambruk

1. Ditabrak kapal kontainer

Kapal kontainer bernama Dali tengah berlayar di Sungai Patapsco untuk menuju Sri Lanka. Sekitar pukul 01.24 pagi waktu setempat, kapal itu mengalami mati daya yang mengakibatkan seluruh lampu padam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: