7 Macam Bansos KPM yang Cair Maret 2024

7 Macam Bansos KPM yang Cair Maret 2024

7 Macam bansos pada Maret ini semuanya dicairkan , Berikut Cek Bansos kemensos 2024 Foto : Media Lampung - Disway --

4. Apabila sudah berhasil, data akan diverifikasi oleh kemensos setelah itu, akun atau user ID akan diaktivasi dan menu pada Aplikasi Cek Bansos dapat diakses.

5. Selanjutnya, login atau masuk dengan mengetikkan username dan kata sandi.

6. Pilih menu, "Cek Bansos dan lengkapi data sesuai KTP

7. Terakhir , ''klik" Cari Data.

Dari sejumlah Bansos itu, bantuan BLT berupa mitigasi risiko pangan yang semula ditunda karena pelaksanaan pemilu, sekarang kembali dicairkan.

Artinya Keluarga Penerima Manfaat (KPM), yang mendapat bantuan BNPT dan PKH juga akan mendapatkan bantuan BLT mitigasi risiko pangan.

Masih ada bantuan lainnya yakni, BLT Dana Desa (DD) yang turut cair dalam bulan Maret 2024 ini.

BLT Dana Desa (DD) diberikan sebesar Rp 300 ribu per bulan atau berbeda -beda disetiap wilayah di Indonesia.

Total BLT Dana Desa (DD) sebesar Rp 3,6 juta dan akan cair disetiap bulannya disepanjang tahun.

Di samping itu pula ada lagi bantuan CPB (Cadangan Pangan Beras), Bantuan Telur,dan Daging Ayam dan Bantuan Pemakaman (Untuk Lansia dan Disabilitas Tunggal).

Terkait BLT Mitigasi Risiko Pangan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan BLT tersebut diperuntukkan untuk  18,8 juta orang. Besarannya per orang Rp 200 ribu per bulan.

Bukan itu saja, terdapat pula Bantuan Pangan Beras sampai bulan Juni mendatang. Kemudian bantuan langsung dengan bantuan langsung tunai dengan judul bantuan mitigasi risiko bencana.

Program ini menggantikan program BLT El Nino yang sudah diberikan pada akhir tahun 2023 lalu.

Sementara itu dikutip dari laman Sekretariat Presiden, Jokowi menekankan bahwa Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino merupakan bantuan khusus bagi penerima manfaat yang terdampak kekeringan.

Menurut Jokowi yang juga sekaligus ditekankannya, BLT El Nino diberikan oleh Pemerintah guna membantu masyarakat dalam menghadapi kenaikan harga akibat musim kemarau panjang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: