8 Tempat Wisata Sleman Bisa Dikunjungi ketika di Yogyakarta

8 Tempat Wisata Sleman Bisa Dikunjungi ketika di Yogyakarta

--

SLEMAN, RADARPENA.CO.ID-SLEMAN merupakan bagian dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki banyak potensi wisata.

Kekayaan alam sampai wisata edukasi di tempat ini terbilang lengkap. Tidak heran, jika daerah ini kerap dikunjungi wisatawan saat ke Yogyakarta.

Jika datang bersama keluarga, ada sejumlah tempat wisata Sleman untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Obyek wisata tersebut dapat dinikmati dari anak-anak hingga dewasa.

BACA JUGA:Kapan Malam Lailatul Qadar pada Ramadan 2024? Simak Tanggal dan Tanda-Tandanya

Berikut 8 tempat wisata di Sleman

1. Merapi Park 

Wisata Sleman untuk keluarga dalah Merapi Park. Obyek wisata ini berupa  taman rekreasi yang menghadirkan miniatur landmark terkenal di dunia.

Salah satu wahana unggulan Merapi Park adalah The World Landmark, yakni taman bunga dengan replika landmark dari berbagai negara seperti Big Ben (London), Menara Eiffel (Paris), Temple of Heaven (China), dan lainnya.

Adapula wahana Kids Waterpark, Cowboy Town, Dino Park, dan sebagainya. Lokasinya berada di Jalan Kaliurang KM. 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman.

2. Ullen Sentalu Museum

Berwisata ke Yogyakarta, tidak lengkap tanpa mempelajari budaya Jawa. Nah, salah satu lokasi untuk mengenal budaya Jawa tersebut adalah Museum Ullen Sentalu yang berada di Jalan Boyong, Kaliurang, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman.

Museum Ullen Sentalu adalah sebuah museum yang menampilkan beragam koleksi budaya Jawa dari keluarga bangsawan Kerajaan Mataram di Yogyakarta dan Solo. 

Museum Ullen Sentalu awalnya adalah milik sebuah keluarga, yakni Keluarga Haryono. Selanjutnya, empat keluarga bangsawan dari Kasultanan Yogyakarta, Kadipaten Pakualaman, Kasunanan Surakarta, dan Pura Mangkunegaran menghibahkan koleksi mereka kepada pihak museum.

Beberapa peninggalan bangsawan Jawa yang menjadi koleksi museum antara lain, batik,  karya intelektual berupa syair dan tulisan, alat musik tradisional seperti gamelan, lukisan, patung, furnitur Jawa, dan sebagainya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: