Cegah Penumpukan Kendaraan, Ini 4 Jalan Tol Fungsional yang Dibuka Gratis saat Mudik Lebaran 2024

Cegah Penumpukan Kendaraan, Ini 4 Jalan Tol Fungsional yang Dibuka Gratis saat Mudik Lebaran 2024

Jasa Marga bakal membuka 4 jalan tol secara gratis saat mudik lebaran 2024--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Guna mengantisipasi penumpukan kendaraan pemudik, Jasa Marga telah menyiapkan empat ruas jalan tol secara gratis yang difungsikan untuk perjalanan Mudik Lebaran 2024.

Adapun keempat jalan tol yang telah disiapkan Jasa Marga sebagai jalur pemudik ini tidak dilengkapi dengan infrastruktur yang lengkap seperti jalan tol pada umumnya.

Namun setiap kendaraan pemudik yang melewati jalur tol tersebut, dapat menikmati perjalanan tanpa harus mengeluarkan biaya alias gratis.

BACA JUGA:Ini 5 Cara Pintar Hemat BBM Selama Mudik Lebaran yang Nggak Bikin Nguras Dompet

Perlu diketahui, pelaksanaan keempat jalur tol gratis ini tidak dibuka sepanjang waktu. Melainkan hanya akan diperbolehkan untuk dilewati berdasarkan keputusan dari pihak kepolisian yang dilihat dari tingkat kepadatan lalu lintas.

Melansir dari laman Humas Polri, berikut ini daftar 4 jalan tol fungsional untuk Mudik Lebarann 2024:

1. Jalan tol Jakarta - Cikampek II segmen Sadang - Kurtanegara sejauh 8,5 Km pada arus balik Lebaran

Jalur ini menjadi jalan tol fungsional untuk mengurangi beban tol Jakarta - Cikampek apabila sudah terjadi penumpukan yang sangat padat. Jalur ini akan dibuka untuk mendukung distribusi lalu lintas pada arus balik kendaraan dari arah Bandung dan sekitarnya yang menuju ke Jakarta.

2. Penambahan Lajur Tol Palikanci sejauh 2,4 Km

Jasa Marga bakal menerapkan strategi penambahan satu lajur di jalan Tol Palikanci mulai dari KM 208+150 hingga KM 210+190 menjadi tiga lajur yang akan ditempuk sepanjang 2,04 Km.

3. Cipularang KM 99

Tidak hanya itu, Jasa Marga juga akan mengoperasikan akse tol KM 99 jalan Tol Cipularang dari arah Jakarta atau Bandung. Namun pembukaan jalur tersebut, apabila ada permintaan dari pihak Kepolisian.

4. Jalan tol Solo - Yogyakarta 

Ada penambahan ruas jalur fungsional dari Colomadu hingga Ngwen sepanjang 22,3 Km. Sebelumnya jalur ini pernah difungsikan pada musim mudik lebaran 2023 namun hanya sejauh 13 Km dari Kartasura - Karanganom. Jalur ini juga sudah tersambung menuju jalan Provinsi Jatinom - Boyolali kemudian ke jalan Nasional Yogya - Solo. Jadwal pengoperasian juga terbagi menjadi 2:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: