MUI Larang Film 'KIBLAT' Tayang, Tuai Kontroversi Agama

MUI Larang Film 'KIBLAT' Tayang, Tuai Kontroversi Agama

Film Kiblat dilarang tayang oleh MUI.-Foto: Instagram.com/@cinema_bjm-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Film yang diproduksi oleh rumah produksi Leo Pictures itu dilarang untuk diputar oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Film 'Kiblat' bergenre horor yang dibintangi Ria Ricis itu banyak menuai kontroversi.

Bahkan, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Cholil Nafis, turut memberikan tanggapannya mengenai film Kiblat tersebut. Menurutnya, selama ini dunia hiburan kerap menggunakan materi yang kontroversi dan sensitif untuk mempromosikan sesuatu agar banyak penonton.

Menurutnya, dari poster promosi film itu saja sudah cukup membuat masyarakat merasa takut. Meskipun belum menonton film tersebut, Cholil menyatakan bahwa dari gambar promosi, judul “Kiblat” sudah cukup menimbulkan ketakutan.

"Saya tak tahu isi filmnya maka belum bisa komentar. Tapi gambarnya seram kok judulnya kiblat ya. Saya buka-buka arti kiblat hanya Ka'bah, arah menghadapnya orang-orang salat," ungkapnya melalui akun Instagram pribadinya, pada Minggu, 24 Maret 2024.

BACA JUGA:

"Kalau ini benar, sungguh film ini tak pantas diedar dan termasuk kampanye hitam terhadap ajaran agama, maka film ini harus diturunkan dan tak boleh tayang," sambungnya.

Ia juga mengkritik penggunaan judul “Kiblat” yang dinilainya dapat mendiskreditkan agama.

“Acapkali menggunakan promosi sensitif dan kontroversi agar menarik perhatian dan banyak penonton. Tapi kalau menyinggung agama, biasanya malah tak boleh ditonton,” tambahnya.

Cholil menegaskan bahwa seringkali reaksi keagamaan dimainkan oleh pebisnis untuk meraup untung materi, yang menurutnya harus dilawan. “Yang seperti ini tak boleh dibiarkan, harus dilawan,” tegasnya.

BACA JUGA:

Kiblat merupakan salah satu film horror yang menggunakan konsep religi dalam penceritaannya. Belum jelas kapan film ini akan tayang di bioskop. Namun, film garapan sutradara Bobby Prasetyo diproyeksi akan tayang tahun ini.

Sederet artis papan atas membintangi film horor ini, di antaranya Yasmin Napper, Arbani Yasic, Ria Ricis, Hana Saraswati dan Dennis Adhiswara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: