Dishub Kota Bekasi Siapkan 4 Opsi Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2024

Dishub Kota Bekasi Siapkan 4 Opsi Pengamanan Arus Mudik Lebaran 2024

Dishub Kota Bekasi siap-siap pengamanan arus mudik Lebaran 2024-Foto: Dok/Humas Pemkot Bekasi-

BEKASI, RADARPENA.CO.ID-Tinggal hitungan hari musim mudik lebaran 2024 akan segera berlangsung.

Agar musim mudik lebaran tahun 2024 ini berlangusung dengan lancar, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bekasi mulai mempersiapkan 4 opsi sebagai teknis pelaksanaan manajemen Mudik Lebaran 2024 di Kota Bekasi.

“Intinya Run Off rencana Operasi Pengamanan dan pengendalian Angkutan Lebaran Tahun 2024.

BACA JUGA:Flu Menyerang? Tenang, Atasi Dulu dengan 7 Cara Alami Ini, Jangan Buru-buru Minum Obat!

Meski masa Angkutan Lebaran Tahun 2024 secara resmi belum diputuskan, namun dari awal puasa kita prediksi akan ditetapkan tanggal 5 April sampai 19 April 2024,” ucap Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi Zeno Bachtiar.

Selaku leading sektor, Zeno mengungkapkan bahwa pihaknya telah memetakan kesiapan Mudik Lebaran dengan membaginya menjadi 4 Cluster teknis.

“Dengan 4 cluster yang digagaskan, meliputi kesiapan personel, kesiapan sarana dan prasarana, kesiapan koordinasi (dengan beberapa pihak terkait) maupun kesiapan lainnya yang terkait penyiapan jalur mudik dan arus balik,” jelasnya.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan, Xeno mengungkapkan, joka di tahun 2024 ini jumlah pemudik diperkirakan mencapai 193,6 juta orang.

BACA JUGA:Bank BTN Gelar Mudik Gratis 2024: Cek Lokasi Pendaftaran, Rute hingga Persyaratannya

Pundak arus mudik juga diprediksi akan terjadi sekitar tanggal 5 April dan arus balik akan terjadi pada tanggal 14 April.

Demi mempersiapkan tahapan awal Mudik Lebaran, kata dia, Dinas Perhubungan sejak awal Ramadhan sudah menjalankan kegiatan Ramp Check kepada seluruh Angkutan Bus di setiap Terminal dengan melakukan pengecekan secara berkala.

“Sebelum kendaraan tersebut digunakan sebagai angkutan lebaran, kita sudah melakukan giat Ramp Check lebih dulu. Ramp check tersebut kami lakukan di Terminal yang berada di bawah pengendalian Dishub, yakni; Terminal Induk Bekasi dan Terminal Kayuringin,”tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: