Mampir Yuk ke 6 Wisata di Tanjung Pinang Banyak Pesona Menarik untuk Dikunjungi

Mampir Yuk ke 6 Wisata di Tanjung Pinang Banyak Pesona Menarik untuk Dikunjungi

--

JAKARTA,RADARPENA.DISWAY.ID - Kota Tanjungpinang merupakan ibukota Provinsi Kepulauan (Kepri). Kota ini terletak di Pulau Bintan dan beberapa pulau kecil seperti Pulau Dompak dan Pulau Penyengat.

Selain menjadi pusat pemerintahan, Kota Tanjungpinang itu sendiri memiliki berbagai sejarah kebudayaan dan tempat wisata yang wajib dikunjungi.

Wisata Tanjung Pinang yang terletak di Kepulauan Riau membuat nya menjadi salah satu tempat wisata yang dinamis. Kota ini juga merupakan pelabuhan perdagangan antar pulau di Kepulauan Riau. Letaknya yang strategis membuat kota ini sejak dulu dikenal sebagai pusat kebudayaan Melayu dan lalu lintas perdagangan.

BACA JUGA:Terbuka Lebar! Peluang Karir dan Biaya Masuk Sekolah Kedinasan 2024: Masa Depan Dijamin Cerah!

Berikut rekomendasi wisata Tanjung Pinang yang wajib dikunjungi. 

1. Pulau Penyengat

Pulau kecil seluas 2 kilometer yang terletak di Tanjung Pinang ini menyimpan sisa-sisa sejarah kompleks Istana Kerajaan Riau-Lingga. Kamu bisa berkunjung ke benteng pertahanan, makam raja-raja, sumur air tawar, istana kantor, hingga Masjid Raya Sultan Penyengat. 

Ada beragam kisah sejarah yang bisa kamu temukan. Misalnya di Istana Kantor, kamu bisa berkunjung ke tempat pahlawan nasional sekaligus sastrawan Melayu, Raja Ali Haji, membuat Gurindam Dua Belas yang memiliki pesan nasihat untuk hidup bersahabat dan untuk memerintah sebuah negeri. 

Ditilik dari sejarahnya, nama Pulau Penyengat berasal dari kisah pelaut yang sedang mencari air tawar di pulau ini, tiba-tiba ia dikejar binatang penyengat sejenis lebah. Kamu bisa berkunjung ke Pulau Penyengat dengan naik pompon/perahu bermotor sekitar 15 menit. 

2. Kuil Bodhisattva Ksitigarbha

Kuil ini dibangun dengan arsitektur Cina klasik dan memiliki banyak patung. Ada sekitar 500 arca di candi ini dengan ukuran mulai dari 1 meter hingga 2 meter. Masing-masing patung menggambarkan salah satu dari banyak murid Buddha. kamu bahkan bisa mengetahui nama masing-masing patung dari plakat nama yang diukir di bawah patung.

Kuil Bodhisattva Ksitigarbha akan memberi anda nuansa seperti sedang berada di China. Kuil ini terletak sangat dekat dengan bandara Raja Ali Haji, bandara Tanjung Pinang. Waktu perjalanan dari bandara ke kuil Bodhisattva Ksitigarbha adalah sekitar 10 menit dengan mobil.

BACA JUGA:Jus Buah Berkhasiat Bikin Kulit Agar Glowing dan Awet Muda, Usia 50 Tahun Anti Kriput Jika Meminumnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: