Tidak hanya Tidur, 5 Jenis Istirahat Ini Perlu Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Anda

Tidak hanya Tidur, 5 Jenis Istirahat Ini Perlu Dilakukan untuk Menjaga Kesehatan Fisik dan Mental Anda

Tidak hanya tidur, ternyata ada beberapa jenis istirahat yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kita--Freepik

2. Istirahat Kehidupan Sosial

Istilah Me Time mungkin sudah tidak asing lagi bagi banyak kalangan. Ternyata Me Time merupakan salah satu cara beristirahat dari kehidupan sosial. Istirahat ini sangat dibutuhkan untuk menyediakan waktu hanya bersama dengan diri sendiri. Banyak hal yang bisa didapatkan dari istirahat sosial, seperti bisa lebih fokus terhadap diri sendiri, lebih banyak waktu untuk mengubah diri, dan bisa membangun motivasi untuk kehidupan yang lebih baik.

BACA JUGA:Yuk Kenali Fenomena Self Diagnosis, Kerap Terjadi Namun Berbahaya Bagi Kesehatan Mental

BACA JUGA:Kenali Pentingnya Kesehatan Mental Di Tengah Dunia Kerja, Cara Mudah Hilangkan Stres Akibat Tekanan Target!

3. Istirahat Sensorik

Mungkin akan terdengar asing bagi banyak orang. Namun ternyata jenis istirahat ini sudah banyak dilakukan. Tanpa kita sadari, aktivitas yang sering kita lakukan setiap hari akan memberi beban pada indra tubuh, seperti pendengaran, penglihatan, penciuman, dan indra tubuh yang lainnya. Hal ini menyebabkan kelalahan sensorik. Salah satu cara untuk mengistirahatkan sensorik kita adalah dengan berendam air hangat. Mungkin juga bisa dengan cara mendengarkan musik yang menenangkan, melatih pernapasan. Atau juga kegiatan lain yang bisa memberikan ketenangan diri.

4. Istirahat Spiritual

Istarahat spiritual salah satu cara untuk lebih mendekatkan diri kepada sang pencipta. Mungkin dari kebanyakan kita, akibat terlalu banyak kegiatan duniawi sehingga melupakan kewajiban kita kepada Tuhan. Hal ini yang membuat kita terasa kosong, seolah hidup tidak memiliki tujuan dan tidak ada maknanya. Di saat perasaan seperti itulah, waktu kita mengistirahatkan diri dan membangun kembali hubungan kita dengan Tuhan. Dengan memanjatkan doa kepada Allah, membuat hidup kita bisa lebih berarti dan memahami tugas kita di dunia yang tidak hanya sekedar untuk hidup bagi diri sendiri tetapi berkarya untuk banyak orang.

5. Istirahat Emosional

Lebih cepat marah, mudah tersinggung, perasaan sedih yang tidak diketahui alasannya hingga menangis merupakan salah satu kelelahan emosional. Istirahat emosional perlu dilakukan untuk supaya bisa terhindar dari tekanan, kepedulian tehadap sesama, dan lebih membuka diri. Untuk itu, penting sekali melakukan istirahat emosional sebagai bentuk untuk melakukan pengendalian diri.

 

Demikian beberapa macam istirahat yang bisa kalian lakukan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik. Perlu diingat bahwa dengan meluangkan waktu istirahat yang cukup tubuh bisa mendapatkan banyak manfaat seperti energi tubuh terisi kembali, memulihkan otot, menenangkan pikiran, serta hal lainnya.

Semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: