Gaya Hidup Sehat agar Jantung Tetap Sehat di Usia Senja

Gaya Hidup Sehat agar Jantung Tetap Sehat di Usia Senja

Gaya Hidup Sehat agar Jantung Tetap Sehat di Usia Senja--Foto : freepik.com

JAKARTA, RADARPENA.DISWAY.ID - Di usia lanjut, risiko masalah kesehatan meningkat dibandingkan masa muda, dan jantung menjadi salah satu organ yang paling rentan. Oleh karena itu, penting bagi setiap lansia untuk memahami cara menjaga kesehatan jantung sebelum masalah timbul. Ini dapat dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat yang sesuai.

Menjaga Kesehatan Jantung Lansia melalui Gaya Hidup Sehat

Penyakit jantung merupakan ancaman serius bagi kesehatan, terutama di usia lanjut. Data menunjukkan bahwa sekitar 84 persen orang yang berusia 65 tahun ke atas meninggal karena penyakit jantung.

Meskipun risiko penyakit jantung cenderung meningkat seiring bertambahnya usia dan seringkali sulit dihindari, namun gaya hidup sehat tetap dapat menjadi kunci untuk menjaga kesehatan jantung pada lansia.

BACA JUGA:

Berikut adalah beberapa langkah pola hidup sehat yang perlu diterapkan untuk menjaga kesehatan jantung pada lansia yang sudah tidak lagi berusia muda:

1. Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik merupakan salah satu kunci menjaga kesehatan jantung pada lansia. Rutinitas ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kardiovaskular tanpa memandang usia. Disarankan untuk melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap hari selama seminggu.

Terdapat empat jenis aktivitas fisik yang penting untuk dilakukan secara teratur oleh lansia, termasuk latihan aerobik, aktivitas untuk memperkuat otot, meningkatkan keseimbangan, serta meningkatkan fleksibilitas. Namun, penting untuk melakukannya secara bertahap guna menghindari cedera dan mengurangi risiko rasa sakit.

2. Pola Makan Sehat

Selain aktivitas fisik, menjaga kesehatan jantung pada lansia juga melibatkan pola makan yang sehat. Penting bagi lansia untuk memperhatikan asupan makanan sehari-harinya guna menjaga kesehatan. Hal ini juga membantu dalam mencegah penyakit kardiovaskular.

BACA JUGA:

Pastikan untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran, biji-bijian, serta protein. Hindari konsumsi minuman dan makanan yang tinggi kandungan gula, serta batasi asupan mentega dan lemak lainnya.

3. Pemeriksaan Berkala

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: