6 Strategi Khatam Al Quran Selama Bulan Ramadhan Agar Bisa Capai Target, Yuk Ikuti Tips Ini!

6 Strategi Khatam Al Quran Selama Bulan Ramadhan Agar Bisa Capai Target, Yuk Ikuti Tips Ini!

Ilustrasi Al Quran-Foto: Unsplash.com-

Bagi yang merasa kesulitan menamatkan satu juz Al-Quran dalam satu waktu, ada tips praktis yang bisa dicoba. Cobalah untuk membagi jumlah lembar dalam satu juz Al-Quran dengan lima waktu shalat. Misalnya, jika dalam satu juz terdapat sepuluh lembar, maka setiap kali selesai sholat, kita cukup membaca dua lembar saja. Dengan cara ini, beban membaca Al-Quran terasa lebih ringan dan lebih mudah untuk menyelesaikan satu juz dalam sehari. Tidak hanya itu, pembaca juga tetap dapat merasa produktif dan teratur dalam menyelesaikan bacaan Al-Quran.

 

Buat Tabel Target

Tips berikutnya agar bisa khatam Al-Quran selama Ramadhan adalah menggunakan tabel pembagian jumlah halaman yang harus dibaca setiap kali menyelesaikan sholat fardu. Misalnya, untuk khatam sekali, kita perlu membaca dua lembar atau empat halaman setiap selesai sholat fardhu. Strategi ini juga dapat disesuaikan dengan kemampuan individu, seperti membaca Al-Quran selama jeda waktu antara sholat fardu. Dengan demikian, kita memiliki panduan yang fleksibel untuk mencapai target khatam Al-Quran dalam bulan Ramadan.

BACA JUGA:

Gunakan Jadwal Rutin

Dari 30 juz dibagi lagi menjadi 114 surat. Kalian bisa membaginya lagi, setiap juz yang ingin dibaca. Jika satu surat dirasa terlalu panjang, bisa gunakan pembagian lagi, dibaca dalam beberapa kali, agar semua surat selesai dibaca.

 

Konsisten Membaca Alquran

Keinginan mengkhatamkan Alquran tentu tidak bisa berjalan tanpa konsistensi dalam menjalankannya. Harus bisa mengalahkan rasa malas, atau harus bisa mengatur waktu dengan kesibukan lainnya yang harus kamu selesaikan.

Demikianlah ulasan artikel di atas terkait tips atau pun startegi yang dapat kamu terapkan agar tercapai target untuk khatam Al Quran 30 juz selama 30 hari Ramadhan. Semoga bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: