Gerhana Matahari Pertama 2024 Terjadi pada 8 April: Apakah Indonesia Terlintasi?

Gerhana Matahari Pertama 2024 Terjadi pada 8 April: Apakah Indonesia Terlintasi?

Gerhana Matahari bakal terjadi 8 April 2024-ilustrasi-Berbagai sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Gerhana matahari adalah peristiwa alam yang menakjubkan dan langka, di mana Bulan berada di antara Bumi dan Matahari, menyebabkan bayangan Bulan menutupi sebagian atau seluruh cakram Matahari.

Dikutip dari laman resmi National Geographic, 8 April 2024 menjadi hari dengan peristiwa langit yang paling utama tahun ini karena Gerhana Matahari total akan terjadi.

Fenomena gerhana matahari total tahun ini diperkirakan akan dimulai di samudra pasifik selatan dan melintasi Meksiko, Amerika Serikat dan Kanada.

Jalur totalitas akan dimulai di pantai Pasifik Meksiko pada pukul 11:07 pagi CST, dan berakhir di pantai Atlantik Kanada pada pukul 5:19 malam EDT.

Sayangnya, Indonesia berada di luar jalur totalitas, sehingga wilayah Indonesia tidak dapat melihat gerhana matahari 8 April nanti.

Dilansir dari laman resmi National Geographic Indonesia, Indonesia baru akan bisa melihat lagi gerhana matahari total pada 20 April 2042. 

Jalur gerhana matahari total yang akan terjadi 18 tahun mendatang ini melintasi beberapa wilayah di Sumatera dan Kalimantan.

Cara melihat Gerhana Matahari yang Aman

Cara melihat gerhana matahari tanpa perlindungan yang tepat dapat membahayakan mata Anda. 

Berikut adalah panduan praktis tentang cara melihat gerhana matahari dengan aman:

1. Jangan Pernah Lihat Langsung ke Matahari

Ini adalah aturan paling penting. Tidak pernah, dan saya ulangi, tidak pernah melihat matahari secara langsung tanpa perlindungan mata yang tepat, baik selama gerhana matahari atau dalam keadaan normal. 

Paparan langsung terhadap sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan permanen pada retina mata Anda, yang dapat mengakibatkan kebutaan permanen.

2. Gunakan Filter Matahari yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: