Bagaimana Cara Membuatnya Normal Secepat Mungkin Jika Tingkat Gula Darah di Pagi Hari Tinggi Mendadak?

Bagaimana Cara Membuatnya Normal Secepat Mungkin Jika Tingkat Gula Darah di Pagi Hari Tinggi Mendadak?

Faktor apa saja yang mempengaruhi tinggi rendahnya gula darah--freepik.com

JAKARTA,RADARPENA.DISWAY.ID - Terdapat beberapa cara dalam mengontrol gula darah secara alami, jika anda mengalami diabetes. 

Hal ini bisa sangat berguna, ketika Anda mengetahui bahwa kadar gula darah pagi Anda tiba-tiba naik namun Anda tidak tahu apa yang menyebabkan hal tersebut.

Melalui perubahan gaya hidup dan pola makan yang tepat, gula darah Anda akan berada dalam batas normal ketika melakukan tes di pagi hari. 

Kegiatan yang termasuk didalamnya antara lain berolahraga secara teratur, mengatur asupan karbohidrat dan lemak, banyak tidur, dan mengikuti rencana perawatan Anda.

 

Glukosa Pagi Hari

Idealnya, saat menguji glukosa darah (gula) Anda di pagi hari, kadarnya harus antara 70 dan 99 miligram per desiliter (mg/dL) jika diabetes Anda terkontrol dengan baik.

Namun seringkali, seseorang akan menguji dirinya sendiri dan menemukan bahwa gula darahnya tinggi meskipun telah melakukan semua yang diperintahkan oleh penyedia layanan kesehatannya. 

Hal ini mungkin disebabkan oleh peristiwa yang relatif umum disebut fenomena fajar yang mempengaruhi sekitar 50% penderita diabetes tipe 1 atau tipe 2.

 

Fenomena di pagi hari ini disebabkan oleh rangkaian peristiwa yang terjadi pada saat anda sedang tidur seperti: 

- Pada penderita diabetes, tubuh seringkali memproduksi insulin lebih sedikit di malam hari. Insulin adalah hormon yang memberi tahu hati kapan harus berhenti memproduksi glukosa.

- Menjelang pagi hari, hormon seperti kortisol dan glukagon dilepaskan sebagai bagian dari siklus tidur-bangun tubuh untuk “memberi bahan bakar” sel dengan glukosa sebagai persiapan untuk hari yang akan datang.

- Kombinasi insulin rendah dan hormon tinggi berkontribusi terhadap lonjakan gula darah (dikenal sebagai hiperglikemia) hal pertama di pagi hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: