Yuk Kenali Kepribadian INFJ, Si Introvert yang Idealis dari Empati Tinggi hingga Komunikasi yang Baik

Yuk Kenali Kepribadian INFJ, Si Introvert yang Idealis dari Empati Tinggi hingga Komunikasi yang Baik

Ilustrasi INFJ.-Foto: Unsplash.com/DipqiGhozali-

4. Kemampuan Komunikasi yang Baik: Meskipun introvert, mereka memiliki kemampuan komunikasi yang baik, terutama dalam berbicara satu-satu atau dalam kelompok kecil.

Setiap tipe kepribadian tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah kekurangan dan kelebihan seorang INFJ.

1. Kelebihan

Jika orang terdekat kamu adalah INFJ, kamu mungkin akan diuntungkan ddengan beberapa kelebihannya berikut:

  • Suka menolong karena memiliki keinginan menjadikan dunia tempat yang lebih baik untuk dirinya dan orang-orang yang dipedulikannya. 
  • Pendengar yang baik dan mampu memahami cerita seseorang secara mendalam. Mereka pun pandai memelihara hubungan yang harmonis dengan orang-orang terdekatnya.
  • Berorientasi pada masa depan, ditandai dengan pandangan akan masa depan yang lebih luas bagi diri sendiri maupun orang lain.

2. Kekurangan

Saat mengenal orang-orang dengan personality INFJ, Anda mungkin merasa kesulitan karena beberapa kekurangannya berikut:

  • Kurang pandai menerima kritik dan jika belum dewasa secara emosional, mereka cenderung tidak menanggapinya dengan baik.
  • Tidak menyukai perubahan yang bukan berdasarkan pemikirannya sehingga membuatnya sulit beradaptasi dengan hal baru.
  • Mudah menyerap emosi negatif dari orang lain. Di sisi lain, sulit bagi mereka untuk membicarakan perasaannya sendiri. Kombinasi tersebut membuat INFJ rawan mengalami kelelahan mental.

BACA JUGA:

Karir yang Cocok untuk Kepribadian INFJ

Individu INFJ merupakan orang yang sangat kreatif dengan kemampuan komunikasi yang sangat kuat, baik lisan dan tertulis. Ia juga merupakan pribadi yang perfeksionis dan mau terus belajar, terutama mengenai hal-hal yang berkaitan dengan manusia dan seni.

Pribadi INFJ umumnya akan bekerja dengan maksimal di lingkungan yang positif, ramah, dan fleksibel. Ia sangat cocok berkarir pada bidang di mana ia bisa mengekspresikan dan mengeksplor kreatifitasnya, sekaligus mencapai idealismenya untuk membuat perubahan yang berarti di dunia.

Beberapa contoh pekerjaan yang cocok bagi orang dengan kepribadian INFJ adalah seniman, penulis, aktor, pengusaha, pemusik, fotografer, konselor, psikolog, sukarelawan, guru, desainer, arsitek, bahkan pemuka agama.

Pada dasarnya, setiap tipe kepribadian, baik kepribadian INFJ maupun kepribadian lainnya, memiliki keunikan dan potensinya masing-masing. Jika kamu merasa kesulitan untuk melihat potensi yang ada di dalam dirimu, cobalah berkonsultasi dengan psikolog untuk mengetahui dan menggali potensimu secara optimal.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: