Yuk Kenali Kepribadian INFJ, Si Introvert yang Idealis dari Empati Tinggi hingga Komunikasi yang Baik

Yuk Kenali Kepribadian INFJ, Si Introvert yang Idealis dari Empati Tinggi hingga Komunikasi yang Baik

Ilustrasi INFJ.-Foto: Unsplash.com/DipqiGhozali-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Kepribadian merupakan aspek penting bagi kita sebagai idividu. Salah satu jenis Kepribadian yang diidentifikasikan oleh tes MBTI (Myers-Briggs Type Indicator).

Pemilik kepribadian INFJ, yaitu Introverted, Intuitive, Feeling, Judging, kerap dijuluki sebagai 'The Advocate' atau 'Sang Penasihat'. Tipe kepribadian ini merupakan yang paling langka, sebab di Amerika Serikat sendiri hanya berjumlah 1 persen hingga 3 persen populasi.

Mengapa demikian? Kemungkinan INFJ selalu membicarakan kontradiksi. Selain itu, sosok INFJ adalah orang yang perfeksionis, logis, emosional, kreatif dan analitis, sehingga tipe kepribadian ini kerap kali disalahpahami.

Lantas, apa yang membedakan INFJ dengan kepribadian lainnya? Apa kelebihan dan kekurangan tipe kepribadian ini? Simak ulasannya dibawah ini:

BACA JUGA:

Introversion: memiliki kepribadian introvert, artinya mereka mendapatkan energi dengan menghabiskan waktu sendiri.

Intuition: piawai mencari hubungan antarinformasi serta menyukai informasi yang bersifat abstrak dan teoritis.

Feeling: mempertimbangkan sesuatu dengan mengutamakan empati dan keharmonisan hubungan antarmanusia.

Judging: terstruktur dan terorganisasi saat mengambil keputusan alih-alih bertindak secara spontan.

 

Ciri khas INFJ

1. Empati Tinggi: INFJ cenderung sangat empatik dan mampu merasakan perasaan orang lain dengan sangat mendalam. Mereka mudah merasa terhubung dengan orang lain dan sering menjadi pendengar yang baik.

2. Kreatif dan Visioner: Mereka memiliki imajinasi yang kuat dan sering kali memiliki visi tentang bagaimana dunia bisa menjadi tempat yang lebih baik. Mereka suka berpikir jauh ke depan dan berusaha mewujudkan visi mereka.

3. Berorientasi Pada Nilai: INFJ memiliki prinsip-prinsip yang kuat dan berpegang teguh pada nilai-nilai mereka. Mereka cenderung mencari keadilan dan berusaha untuk membuat perbedaan dalam dunia ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: