Inilah Ragam Aktivitas untuk Menikmati Ramadhan 2024 di Jakarta

Inilah Ragam Aktivitas untuk Menikmati Ramadhan 2024 di Jakarta

Dikenal dengan kota sibu, begini cara menikmati Ramadhan 2024 di Jakarta yang bisa kalian lakukan--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Jakarta mungkin dikenal sebagai kota yang tidak pernah tidur karena kesibukan bisnis dan malamnya. 

Namun, Anda mungkin menemukan sesuatu yang berbeda saat bulan puasa atau Ramadhan. Pada siang hari, banyak restoran memasang tirai di pintunya atau bahkan menutup bisnisnya untuk memperingati Ramadhan.

Warung makan dan restoran akan buka pada sore hari atau saat matahari mulai terbenam, banyak orang mulai mencari makanan untuk berbuka puasa di pinggir jalan. 

Sebagai negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia, hal ini merupakan hal yang lumrah di Indonesia, ibarat tradisi yang ingin sekali Anda alami setiap tahunnya.

BACA JUGA:2 Resep Takjil Buka Puasa: Kolak Ubi Ungu Original dan Sagu Mutiara, Manis Segar Praktis!

BACA JUGA:Ingin Berbuka Puasa Bersama Teman? Ini 5 Rekomendasi Tempat Bukber All Can You Eat di Jakarta

Berikut aktivitas yang kami rekomendasikan agar Anda benar-benar menikmati Ramadhan di Jakarta:

1. Awali hari dengan mengunjungi Masjid Sunda Kelapa

Masjid ini dibangun pada tahun 1969 dan selesai pada tahun 1971. Terletak di kawasan kelas atas bernama Menteng, tempat tinggal para pejabat tinggi Indonesia. Gedung ini berada tepat di seberang Gereja Protestan Paulus. Kawasan dimana masjid ini berada dulunya merupakan sebuah taman luas yang diberi nama Sunda Kelapa, sesuai dengan namanya.

Meski dikelilingi rumah-rumah mewah, masjid ini berdiri sebagai bangunan sederhana. Tidak ada kubah besar, gendang, serta simbol bintang dan bulan yang biasa terlihat di masjid-masjid besar. Sebaliknya, bangunannya berbentuk kapal besar yang melambangkan Pelabuhan Sunda Kelapa, tempat para pedagang Muslim datang dan mulai menyebarkan Islam di Jakarta. Apalagi masjid ini letaknya puluhan kilometer dari pelabuhan.

2. Rasakan hiruk pikuk Ngabuburit di Jalan Benhil

Sore hari menuju Jalan Bendungan Hilir atau yang dikenal dengan nama Benhil untuk berburu jajanan. Benhil terkenal dengan pasar musiman takjil (makanan ringan berbuka puasa) yang buka saat matahari terbenam selama bulan Ramadhan. Para pedagang kaki lima akan membuka lapaknya untuk menjual berbagai jajanan tradisional Indonesia, seperti risoles (lumpia goreng khas Indonesia) dan kolak (kompot). Anda juga bisa menemukan makanan seperti ayam goreng utuh di pasar ini.

Soal harga jangan khawatir karena semua makanan dijual dengan harga yang sangat terjangkau.

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Fisik Agar Tetap Bugar saat Menjalankan Puasa Ramadhan 2024 dari Menteri Kesehatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: