Tips Menjaga Kesehatan Fisik Agar Tetap Bugar saat Menjalankan Puasa Ramadhan 2024 dari Menteri Kesehatan

Tips Menjaga Kesehatan Fisik Agar Tetap Bugar saat Menjalankan Puasa Ramadhan 2024 dari Menteri Kesehatan

Menkes Budi Gunadi Sadikin bagikan tips menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar menjalani puasa di bulan Ramadhan 2024--KemenkesRI

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menunaikan ibadah puasa adalah hal yang wajib yang dilakukan oleh seluruh umat beragama Islam di bulan Suci Ramadhan. Kewajiban ini dilakukan baik oleh Laki-Laki maupun perempuan.

Indonesia mulai menjalankan ibadah puasa 1 Ramadhan 1445 Hijriah (H) pada hari Selasa 12 Maret 2024.

Berbeda dengan Muhammadiyah yang telah melaksanakan ibadahnya pada Senin 11 Maret 2024.

Perbedaan pelaksanaan bukan menjadi penghalang, sebab makna dari puasa dan pahala yang diutamakan di bulan suci Ramadhan.

BACA JUGA:Puasa Sekaligus Diet? Yuk, Simak 8 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan di Bulan Ramadan

BACA JUGA:Yuk Intip! 6 Tips Bagi Penderita Maag dan Gerd agar Tetap Nyaman Berpuasa

Atas dasar hal itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberikan pesan yang mengandung tips menjaga kesehatan kepada masyarakat untuk bisa menjalankan ibadah puasa secara penuh selama 1 bulan.

Tips ini akan sangat bermanfaat untuk seluruh umat Muslim yang tengah menjalankan ibadah puasa tanpa mengabaikan kesehatan yang harus dijaga.

Berikut ini tips menjaga kesehatan bagi masyarakat untuk bisa menjalankan puasa secara penuh (full) di bulan suci Ramadhan 2024:

Pertama, masyrakat diingatkan untuk menerapkan prinsip PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Dengan cara selalu mencuci tangan dengan menggunakan sabun, sebelum makan dan minum.

Kedua, di bulan puasa ini masyarakat diminta untuk memperbanyak konsumsi makanan yang bergizi dan berserat tinggi. Menkes Budi juga mengingatkan untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak dan garam yang berlebihan.

Ketiga, berpuasa tentu menahan haus dan lapar. Untuk itu selama berbuka dan sahur perbanyak konsumsi air putih. Hal ini bertujuan agar masyarakat tidak mengalami dehidrasi selama menjalani puasa. Kurangi minuman yang mengandung pemanis buatan yang bisa membahayakan diri.

Tidak dari segi makanan dan minuman yang perlu diperhatikan, namun masyarakat juga diimbau untuk selalu menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan beberapa aktifitas fisik, seperti rutin berolahraga, bekerja, dan tidak merokok.

BACA JUGA:Jangan Salah Pilih! 13 Buah Ini Bisa Bikin Perutmu Bermasalah saat Buka Puasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: