Harus Paham! Yuk Cek Kandungan PG dan VG pada Liquid Vape

Harus Paham! Yuk Cek Kandungan PG dan VG pada Liquid Vape

Harus Paham! Yuk Cek Kandungan PG dan VG pada Liquid Vape--Foto: unsplash

JAKARTA, RADARPENA.DISWAY.ID - Ketika berbicara tentang vaping, Anda mungkin sudah mendengar bahwa beberapa bahan kunci dalam cairan vape adalah propylene glycol (PG) dan vegetable glycerine (VG).

Meskipun keduanya dianggap aman untuk konsumsi manusia oleh organisasi seperti Administrasi Makanan dan Obat Amerika Serikat (FDA), Badan Regulasi Produk Kesehatan dan Obat-obatan Inggris (MHRA), dan Uni Eropa (UE), telah ada diskusi dan kekhawatiran tentang penggunaan bahan-bahan ini dalam produk vape.

Dalam artikel ini, kita akan membahas dengan tepat apa itu PG dan VG, penggunaan mereka di luar vaping, risiko potensial yang terkait dengan mereka, efek samping yang mungkin terkait dengan penggunaan mereka dalam E-Liquid, mengapa orang khawatir tentang PG dan VG, dan apakah Anda seharusnya khawatir.

BACA JUGA:

 

Apa itu Propylene Glycol dan Vegetable Glycerine?

Propylene glycol adalah senyawa sintetis yang termasuk dalam keluarga alkohol. Ini tidak berwarna, tidak berbau, memiliki rasa sedikit manis, dan dapat digunakan sebagai humektan, pengawet, dan pelarut dalam berbagai produk mulai dari makanan hingga produk perawatan pribadi.

PG juga umumnya ditemukan dalam mesin asap/kabut yang digunakan di teater, klub malam, dan tempat umum lainnya.

Vegetable glycerine, di sisi lain, adalah cairan kental tidak berwarna, tidak berbau, berasa manis, yang berasal dari minyak atau lemak nabati. Ini umum digunakan dalam makanan dan kosmetik sebagai emolien dan agen pengental dan juga memiliki sifat humektan yang membantu menjaga kelembapan kulit. Ini juga dapat ditemukan dalam banyak obat sebagai aditif dan pelarut.

Penggunaan PG dan VG di luar vaping

Propylene glycol banyak digunakan dalam pengolahan makanan, kosmetik, farmasi, dan produk industri; FDA juga menyetujuinya untuk digunakan sebagai aditif makanan langsung. Beberapa tempat umum di mana Anda mungkin menemukan PG adalah makanan kemasan, bir, minuman ringan, popcorn, roti, dan produk panggang.

PG berfungsi sebagai pengawet kelembaban untuk membantu produk mempertahankan kelembabannya, itulah mengapa Anda dapat menemukannya digunakan untuk hal-hal seperti marshmallow atau serpihan kelapa. Ini begitu umum digunakan sehingga dapat ditemukan dalam beberapa obat, krim, salep, dan produk kebersihan.

BACA JUGA:

Ini juga dapat ditemukan dalam cairan pendingin, yang menyebabkan kehebohan ketika pertama kali muncul di berita. Zat kimia yang sangat berbahaya, etilen glikol, yang ditemukan dalam cairan pendingin, digunakan bersamaan dengan propylene glycol untuk menurunkan titik beku cairan berbasis air.

Terkadang ada kebingungan antara keduanya, tetapi keduanya sangat berbeda, terutama karena etilen glikol sangat beracun bagi manusia.

Vegetable glycerine juga digunakan luas di berbagai industri termasuk farmasi, makanan, minuman, dan kosmetik.

Ini merupakan substitut populer untuk lemak hewan dalam banyak produk makanan, karena berbasis tanaman dan sering digunakan untuk pilihan vegan.

Di luar vaping, VG digunakan dalam produk makanan sebagai pengawet makanan dan pemanis dan menjaga kelembaban dalam makanan. Seperti PG, itu sering dapat ditemukan dalam tablet hisap dan obat batuk.

BACA JUGA:

Apa risiko Propylene Glycol dan Vegetable Glycerine?

Jawabannya singkat, tidak ada risiko jangka panjang yang diketahui yang terkait dengan PG atau VG ketika digunakan dalam cairan vape. Studi telah menemukan bahwa baik propylene glycol maupun vegetable glycerine umumnya dianggap tidak beracun untuk konsumsi manusia.

Banyak artikel muncul yang menyatakan bahwa Propylene Glycol menyebabkan masalah jantung, masalah neurologis, masalah ginjal, dan banyak lagi.

Yang kita tahu adalah bahwa toksisitas PG sangat rendah dan tidak ditemukan menyebabkan kanker, merusak gen, atau mengganggu kesuburan atau reproduksi. PG sebagian diuraikan oleh ginjal yang kemudian diubah menjadi asam laktat, kurang dari setengah PG yang diserap tetap tidak berubah.

Mereka yang memiliki masalah ginjal atau hati, serta wanita hamil dan anak-anak, sebaiknya menghindari PG dalam jumlah besar untuk menghindari potensi masalah.

BACA JUGA:

Apakah ada efek samping yang terkait?

Efek samping sangat individual dan tergantung pada sensitivitas dan toleransi seseorang terhadap PG dan VG.

Efek samping paling umum yang dilaporkan adalah sakit tenggorokan, mulut kering, atau rasa iritasi di hidung atau mata ketika dihisap pada suhu yang lebih tinggi. Ini dapat dihindari dengan menghisap pada suhu yang lebih rendah yang dapat mengurangi jumlah iritasi yang disebabkan oleh PG/VG.

Efek samping lain yang mungkin terkait dengan PG dan VG termasuk sakit kepala, mual, batuk, ketegangan dada, atau kekentalan. Lagi-lagi, efek samping ini tergantung pada individu dan dapat dihindari dengan mengurangi suhu vaping atau beralih ke jenis E-Liquid yang berbeda.

Kemungkinan, dalam kejadian langka, seseorang mungkin memiliki sensitivitas atau reaksi alergi terhadap salah satu senyawa tersebut. Mereka yang mengalami hal tersebut sebaiknya segera berhenti menggunakan produk yang mengandung PG dan VG dan berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Mengapa orang khawatir tentang PG dan VG?

Propylene Glycol dan Vegetable Glycerine telah menjadi penyebab banyak kontroversi selama bertahun-tahun karena penggunaannya dalam cairan vape.

BACA JUGA:

Banyak orang keliru percaya bahwa karena PG digunakan dalam cairan pendingin, itu pasti sangat berbahaya saat dihirup. Ini tidak benar sama sekali, dan potensi risiko yang terkait dengan PG telah dibesar-besarkan.

VG juga menjadi sorotan dengan kekhawatiran yang sama tentang iritasi paru-paru. Banyak penelitian seputar VG dan PG sering kali diselimuti oleh politik tembakau dan ketakutan berlebihan.

Lebih banyak penelitian seharusnya dilakukan untuk dengan percaya diri menemukan efek jangka panjang, tetapi yang kita tahu adalah bahwa ada potensi iritasi paru-paru, sama seperti banyak produk yang dihisap.

Namun, kerusakan tersebut jauh lebih sedikit daripada rokok, tetapi masih belum sepenuhnya tidak berbahaya, itulah sebabnya non-perokok sebaiknya tidak mulai vaping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: