Dukung UMKM Perempuan Disabilitas, DANA Hadirkan Edukasi Kewirausahaan dan Sosialisasi Soundbox

Dukung UMKM Perempuan Disabilitas, DANA Hadirkan Edukasi Kewirausahaan dan Sosialisasi Soundbox

DANA sosialisasi program Disberdaya, dorong UMKM perempuan penyandang disabilitas--DANA

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Menciptakan akses sistem pembayaran dan layanan keuangan digital yang inklusif, berarti melibatkan dan menciptakan kesempatan yang sama bagi seluruh masyarakat tanpa terkecuali. 

Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret 2024, DANA Indonesia meneruskan komitmen inklusivitas ini dengan merangkul UMKM milik perempuan penyandang disabilitas, untuk memberikan edukasi kewirausahaan dan sosialisasi perangkat pemindai statis QRIS berbasis suara, yaitu soundbox.   

Inisiatif ini merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan DANA, yang telah memfokuskan diri untuk menyasar kelompok rentan seperti UMKM penyandang disabilitas, pada tahun 2023 lalu. 

Sebab, hanya sekitar 20 persen dari total populasi penyandang disabilitas di Indonesia yang dapat berpartisipasi dalam dunia kerja, dengan mayoritas berada di sektor informal yang rentan terhadap fluktuasi ekonomi. 

BACA JUGA:Sambut 2024 dengan Optimis, DANA Catat Pertumbuhan Transaksi QRIS hingga 272 Persen pada 2023

Padahal, lebih dari 81 persen diantaranya adalah wirausahawan. DANA sadar bahwa diperlukan adanya intervensi langsung dari layanan teknologi finansial untuk menjembatani sekaligus menjawab tantangan tersebut.

Debora Bangun, Chief of People & Corporate Strategy DANA Indonesia menyampaikan, “Sejak akhir tahun 2023 lalu, DANA telah mengukuhkan komitmennya dalam merangkul penyandang disabilitas. 

Tentunya, hal ini sejalan dengan dukungan DANA dalam mewujudkan target inklusi keuangan sebesar 90% pada 2024 berdasarkan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI), yang mana dalam dokumen tersebut penyandang disabilitas merupakan salah satu segmen masyarakat yang menjadi prioritas. 

Lewat sosialisasi hari ini, kami berupaya mempertemukan teman-teman penyandang disabilitas, dengan para mentor handal yang akan memaparkan tentang kesempatan kemandirian ekonomi bagi penyandang disabilitas dan  seluk beluk pembayaran digital dalam mengoptimalkan usaha.”

Guna memastikan keselarasan kebutuhan UMKM perempuan penyandang disabilitas saat ini, DANA ikut melibatkan dua mitra strategisnya yaitu Perempuan Tangguh Indonesia (PTI) dan Himpunan Wanita Disabilitas Indonesia (HWDI). 

Sebanyak 30 peserta UMKM penyandang disabilitas, mendapatkan materi mengenai penerapan pemasaran secara digital dan seluk beluk menavigasi kewirausahaan, hingga pemanfaatan transaksi pembayaran digital untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi usaha yang berkelanjutan. 

BACA JUGA:Kerjasama DANA dan PTI Dorong Inklusi Keuangan Bagi Penyandang Disabilitas

BACA JUGA:DANA Catat Tren Investasi dan Asuransi Mikro Meningkat Signifikan Kuartal III 2023 Hingga 700 Persen

Melengkapi edukasi mengenai kewirausahaan dan pembayaran digital, DANA sekaligus menggunakan kesempatan ini untuk mensosialisasikan perangkat soundbox. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: