Terkuak! Ternyata Ini Alasan Jokowi Kirim Bantuan ke Warga Gaza Melalui Jalur Udara

Terkuak! Ternyata Ini Alasan Jokowi Kirim Bantuan ke Warga Gaza Melalui Jalur Udara

Bantuan yang dikirm untuk warga Gaza, Palestina melalui udara.-Foto: Instagram.com/@reuters-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia mendapat kesempatan untuk memberikan bantuan ke Gaza melalui udara karena jalur darat sudah terlalu sulit dilalui.

Rencananya bantuan itu akan disalurkan menggunakan pesawat Hercules melalui jalur udara. Sebelumnya, Jokowi meninjau langsung simulasi pengiriman bantuan untuk rakyat Palestina di Pangkalan TNI AU Iswahjudi, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, pada Jumat, 8 Maret 2024. Turut mendampingi kepala negara adalah Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

"Kita tadi melihat peragaan ngedrop bantuan yang akan kita segera lakukan di Gaza. Karena Indonesia merupakan salah satu negara yang diberi kesempatan untuk bisa memberikan bantuan ke Gaza, ke rakyat Palestina dengan lewat udara karena lewat darat sudah sulit," kata Jokowi di Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat, 8 Maret 2024.

Jokowi pun memastikan pemerintah Indonesia terus berkomitmen dalam memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan bantuan tersebut, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza.

BACA JUGA:

Saat ditanya terkait jenis bantuan apa saja yang dikirimkan Indonesia ke Gaza, Jokowi tak menjelaskan secara rinci.

"Ya seperti biasa, yang dibutuhkan oleh rakyat Palestina, yang dibutuhkan oleh rakyat di Gaza," ujarnya.

Agresi brutal Israel ke Jalur Gaza, Palestina, telah memasuki bulan kelima sejak Kamis, 7 Maret 2024 lalu. 30 ribu lebih warga Palestina meninggal dunia imbas agresi tersebut.

Bantuan dari negara lain pun silih berdatangan. Selama ini bantuan internasional menuju Gaza disalurkan lewat Rafah yang berbatasan dengan Mesir. Namun, jalur itu kian tertutup oleh agresi Israel yang juga mulai menyasar Rafah.

Pengiriman bantuan via udara ke Gaza sebelumnya dilakukan Yordania yang dipimpin langsung Raja Abdullah. Selanjutnya, beberapa waktu kemudian seiring upaya mediasi perundingan gencatan senjata akhir pekan lalu, Amerika Serikat pun mengirim bantuan ke Gaza via udara.

Pemerintah Indonesia terus menunjukkan komitmennya untuk memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. Dengan pengiriman bantuan kemanusiaan ini, Indonesia berharap dapat meringankan beban yang dihadapi oleh masyarakat di Gaza yang terus berjuang dalam kondisi sulit. 

BACA JUGA:

"Tadi kita coba terlebih dahulu kira-kira akan seperti apa dengan menggunakan pesawat Hercules dan ini akan segera kita bawa bantuan ke Gaza dan di-drop dari udara dengan pesawat Hercules kita. Tadi sudah di simulasi dan saya melihat hasilnya baik," imbuh Jokowi.

Jokowi menegaskan bantuan yang akan diberikan berupa kebutuhan bagi rakyat Palestina di Gaza. Adapun pemerintah menegaskan akan terus berkomitmen dalam memberikan dukungan kepada rakyat Palestina. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: