Yuk, Berkunjung ke Makam Bung Karno di Blitar!

Yuk, Berkunjung ke Makam Bung Karno di Blitar!

--

JAKARTA,RADARPENA.DISWAY.ID - Kota Blitar merupakan sebuah kota yang terletak di bagian Selatan provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak sekitar 167 km sebelah barat daya Surabaya dan 80 km sebelah barat Malang. Kota ini merupakan enklave dari Kabupaten Blitar

Selain disebut sebagai Kota Proklamator dan Kota Patria, kota ini juga disebut sebagai Kota Peta (Pembela Tanah Air) karena di bawah kepemimpinan Soeprijadi, Laskar Peta melakukan perlawanan terhadap pemerintahan Jepang untuk pertama kalinya pada tanggal 14 Februari 1945 yang mengilhami timbulnya perlawanan menuju kemerdekaan di daerah lain.

Ikan koi yang populer di Jepang dapat dibudidayakan dengan baik di kota ini sehingga memberikan julukan tambahan sebagai Kota Koi.

Makam Presiden pertama Republik Indonesia, Soekarno atau Bung Karno, termasuk tempat wisata populer di Blitar yang ramai dikunjungi wisatawan. 

BACA JUGA:Big Skutik Honda ADV 350 2024, Tampil Garang dan Berfitur Canggih, Revolusi Skutik Honda

Makam  ini terletak di jalan Ir. Soekarno, sebelah utara pusat kota Blitar. Sekitar 1 km dari Pusat Informasi & Perdagangan (PIPP) dan kurang lebih 3 km dari Stasiun Kereta Api Kota Blitar. Dan tempat disemayamkannya seorang tokoh besar Bapak Proklamator Kemerdekaan Replubik Indonesia dan Presiden pertama Ir. Soekarno. Di dalam kompleks Makam Bung Karno terdapat makam ayahanda R. Soekeni Sosrodihardjo dan ibunda Ida Ayu Nyoman Rai. Kompleks yang diberi nama Astono Muyo. 

Jika kamu tertarik janganlah menunda-nunda. Rencanakan segera kunjunganmu ke makan sang Proklamator. Kota ini memiliki banyak kaitan sejarah dengan presiden pertama Republik Indonesia itu.

Selain jadi rumah Bung Karno masa remaja, Kota Blitar juga menjadi tempat peristirahatan, Sang Proklamator. Wajar jika salah satu julukan dari Kota Blitar adalah Bumi Bung Karno.

Mengunjungi makam salah satu orang besar di Indonesia tentu merupakan pengalaman wisata yang sangat unik dan berbeda. Tapi, wisata ini tentu akan sangat mengasyikkan bagi para pecinta sejarah yang berjiwa nasionalis. Kamu bisa berdoa di makam presiden pertama Indonesia lalu mempelajari sejarah kehidupan beliau. Tak hanya itu, kamu juga bisa berbelanja oleh-oleh dan mencicipi ragam kuliner di sini.

BACA JUGA:25 Kata Mutiara Ucapan Marhaban Ya Ramadhan 2024 Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Sejarah Singkat Makam Bung Karno di Blitar

Ir. Soekarno, Presiden pertama Indonesia, wafat pada tanggal 21 Juni 1970. Wafatnya Soekarno merupakan momen berduka yang dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia. Beliau meninggal di Jakarta pada usia 69 tahun. Peran Ir Soekarno dalam kemerdekaan Indonesia sangat penting, baik sebagai pemimpin politik, proklamator kemerdekaan, presiden pertama, orator ulung, maupun diplomat.

Ia adalah salah satu tokoh utama yang membantu mewujudkan impian kemerdekaan bagi rakyat Indonesia. Pada saat beliau meninggal, awalnya beliau hendak dimakamkan di Kebun Raya Bogor, sesuai dengan dengan wasiatnya. Akan tetapi, hal tersebut tidak jadi dilaksanakan karena keluarnya Keppres No. 44 Tahun 1970 tentang Pemakaman Presiden Soekarno.

Keppres ini, dinyatakan bahwa Ir. Soekarno akan dimakamkan di Blitar, kota kelahiran beliau. Keputusan itu diambil dengan pertimbangan bahwa kedua orang tua Bung Karno juga dimakamkan di kota tersebut. Namun, para sejarawan mengatakan bahwa hal tersebut ada sangkut pautnya dengan kepentingan politik Presiden Soeharto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: