4 Tempat Wisata Religi di Purwakarta yang Banyak di Kunjungi Peziarah

4 Tempat Wisata Religi di Purwakarta yang Banyak di Kunjungi Peziarah

--

Mama Sempur memiliki nama asli KH Tubagus Ahmad Bakri bin KH Tubagus Syeda bin KH Tubagus Arsyad. Ia merupakan salah satu tokoh muslim yang berjasa dalam menyebarkan agama Islam di daerah Purwakarta.

Atas jasanya yang besar, Mama Sempur menjadi tokoh yang begitu dihormati dan dicintai. Saat ini, makamnya pun kerap menjadi tujuan wisata religi para peziarah.

Menariknya, setiap akhir bulan Dzulhijjah, di lokasi makam ini selalu diadakan peringatan Haulan, yakni sebuah tradisi atau acara untuk mengingat wafatnya Mama Sempur.

Nah pada saat itulah, para peziarah yang datang ke tempat ini menjadi lebih banyak. Mereka bukan hanya warga Purwakarta, melainkan banyak pula yang datang dari luar kota.

Lokasi Makam Mama Sempur ini berada di Desa Sempur, Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta.

4. Makam Dalem Gandasoli

Makam Dalem Gandasoli berada di Desa Mekarsari, Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Berkaitan dengan nama Gandasoli, konon ceritanya sekitar 1628 datang seorang panglima tentara Mataram bernama Raden Surya Sumadita Angga Yuda atau akrab disapa Eyang Dalem Gandasoli dengan Mbah Balung Tunggal, Mbah Jaksa dan lainnya.

Beserta Pasukannya dengan tujuan untuk menggempur tentara VOC yang berada di Batavia. Sebelum sampai ke tujuan beliau bersama pasukannya sempat singgah di suatu tempat yang bernama Lembur Kolot (dahulu masuk Desa Gandasoli, sekarang masuk Desa Mekarsari).

BACA JUGA:Kecurangan Pemilu 2024, Mahasiswa Protes di KPU Kota Bekasi Tuntut 3 Hal Ini

Nah itulah sejumlah destinasi wisata religi di Purwakarta yang bisa menjadi tujuan ziarah kamu yaa

Ingatlah untuk selalu mematuhi aturan dan larangan yang ada, setiap kali hendak berziarah ke suatu tempat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: