BYD Atto 3, Produk Khusus dengan Inpirasi Peraih Nobel

BYD Atto 3, Produk Khusus dengan Inpirasi Peraih Nobel

--

JAKARTA,RADARPENA.DISWAY.ID - Produsen mobil listrik asal China, BYD, resmi masuk pasar Indonesia. Sebagai senjata awal BYD langsung meluncuran tiga produk unggulannya, yakni Seal, Atto 3 dan Dolphin. BYD atau singkatan dari Build Your Dream sebetulnya sudah masuk ke Indonesia pada 2018. Namun saat itu masih secara sporadis untuk dipakai sebagai kendaraan taksi Blue Bird.

Mobil listrik BYD yang mau dijual di Indonesia, Atto 3, ternyata punya arti tersendiri. Menurut BYD Motor Indonesia nama itu terinspirasi dari Attosecond. 

Attosecond ini sempat membantu tiga peneliti elektron, Pierre Agostini, Ferenc Krausz dan Anne L'Huillier, yang akhirnya mendapatkan Nobel Fisika 2023 atas karyanya. Mereka menerangi molekul dengan kilatan cahaya sepanjang attosecond untuk mengukur proses pergerakan elektron atau perubahan energi, hal ini merupakan revolusi bagi ilmuwan mempelajari elektron.

Berdasarkan penjelasan BYD, inspirasi attosecond pada Atto 3 membuat mobil ini speedy (cepat), energetic (energik) dan dynamic (dinamis).

BYD Atto 3 merupakan SUV kompak yang menjadi penantang serius MG ZS EV. Ia bisa menjadi volume maker penjualan karena masuk dalam kelas yang ramai persaingan. Sekaligus mobil listrik paling logis untuk kondisi jalanan di Indonesia.

Sebenarnya eksistensinya sudah cukup lama. Beredar di Cina sejak Februari 2022, kemudian sudah merambah pasar Australia, New Zealand, Eropa, Jepang hingga Asia Tenggara. Ia termasuk paling laris di Thailand karena mampu meraih pemesanan 10 ribu unit hanya dalam satu bulan sejak perkenalannya pada Oktober 2022. Terakhir Atto 3 menyambangi Filipina pada November 2023.

Punya dua varian berdasarkan ukuran baterai. Standard Range memakai baterai LFP berkapasitas 44,92 kWh yang sanggup menjelajah sejauh 430 km (CLTC). Sedangkan Extended Range disuplai baterai 60,48 kWh dengan kemampuan 510 km (CLTC). Pengisian baterai didukung AC charging (Type) maksimum 7 kW. Bisa juga metode fast charging DC (CCS2) bisa mencapai 80 kW. Mengisi dari baterai kosong sampai 80% cukup dalam 45 menit.

Keduanya digerakkan motor tunggal gerak depan (FWD). Tenaganya sebesar 201 hp dan torsi instan 310 Nm. Kemampuan akselerasi secepat 7,3 detik untuk menuju 100 km/jam.

Harga BYD Atto 3

Harga Atto 3 adalah Rp 515 Juta.

Varian BYD Atto 3

Ada 1 varian yang tersedia dari Atto 3: Electric.

Fitur BYD Atto 3

Daftar fitur Atto 3 mencakup Central Locking, Power Door Locks, Anti Theft Device, Alarm Mobil dan Engine Immobilizer dalam hal keamanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: