Hal-hal yang Harus Dihindari dan Dapat Membatalkan Puasa, Muslim Wajib Tahu!

Hal-hal yang Harus Dihindari dan Dapat Membatalkan Puasa, Muslim Wajib Tahu!

Hal-hal yang dapat membatalkan puasa.-Foto: Unsplash.com/RaufAlvi-

Melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis atau berjimak di siang hari pada saat berpuasa secara sengaja maka dapat membatalkan puasa. Selain itu, orang yang melakukannya juga akan dikenakan denda atau kafarat. Dendanya yakni melaksanakan puasa selama dua bulan secara berturut-turut. Apabila tidak mampu, maka ia wajib memberi makanan pokok senilai satu mud atau setara dengan 0,6 kilogram beras atau ¾ liter beras kepada 60 fakir miskin.

 

Mengumpulkan Air Ludah

Menelan air ludah merupakan suatu hal yang tidak dilarang. Namun, jika melakukannya dengan cara mengumpulkan dan niat membuat perut kenyang maka hukumnya makruh. Selain itu, perilaku tersebut juga bertentangan dengan hikmah berpuasa.

 

Wishal

Wishal sendiri merupakan puasa tanpa berbuka. Hal ini dimakruhkan karena pada dasarnya seseorang harus berbuka saat berpuasa. Dengan begitu puasa yang dijalankannya akan lebih berkah.

BACA JUGA:

Makan dan Minum yang Disengaja

Memasukkan makanan, minuman, obat, dan sejenisnya ke dalam mulut dan masuk ke dalam tubuh secara sengaja diketahui membatalkan puasa. Dengan demikian, bagi yang berpuasa, jangan pernah memasukkan makanan,minuman, obat, atau benda lainnya ke dalam mulut. Juga tidak diperbolehkan memasukkan sesuatu lewat hidung ataupun telinga. Namun apabila makan atau minum karena lupa sedang melaksanakan ibadah puasa, hal itu tidak membatalkan puasa. Dengan catatan, barang yang masuk ke dalam mulut harus cepat dikeluarkan saat itu juga ketika sudah ingat sedang berpuasa.

 

Siwak (gosok gigi)

Siwak atau gosok gigi menjadi salah satu hal yang disebut makruh dilakukan, terutama setelah zawal (tergelincirnya matahari atau waktu menjelang dzuhur). Untuk itu, dianjurkan melakukannya setelah waktu berbuka puasa atau sebelum imsak.

 

Haid dan Nifas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: