Doa Menyambut Bulan Suci Ramadan Berdasarkan Hadits Shahih Lengkap dengan Arab Latin

Doa Menyambut Bulan Suci Ramadan Berdasarkan Hadits Shahih Lengkap dengan Arab Latin

Amalan doa menyambut bulan suci ramadan.-Foto: Unsplash.com/MasjidMABA-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Berdasarkan kalender Hijriah yang diterbitkan Kementerian Agama, tanggal 1 Ramadhan 1445 H bertepatan dengan tanggal 12 Maret 2024.

Kendati demikian, 1 Ramadhan akan ditentukan berdasarkan sidang isbat yang akan dilaksanakan pada 10 Maret 2024 mendatang.

Berbagai persiapan menyambut datangnya bulan suci pun sudah ramai dilakukan. Salah satu amalan yang baik dilakukan menjelang datangnya ramadhan ialah membaca doa seperti yang dianjurkan oleh beberapa ulama.

Adapun adab dan sikap sebagai muslim dalam menyambut bulan Ramadhan telah diterangkan dalam sejumlah hadits Rasulullah SAW.

Hadits-hadits tersebut menjelaskan mulai dari amalan hingga doa-doa yang dapat dipanjatkan menjelang datangnya bulan suci.

BACA JUGA:

Ketika Ramadhan semakin dekat, umat Islam merangkai doa khusus untuk memohon keselamatan dan kemudahan dalam menjalankan ibadah puasa. Doa ini juga menjadi ungkapan rasa syukur atas nikmat bulan suci yang sebentar lagi akan tiba. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, sebagaimana sanad riwayat dari Ubadah bin Shamit.

أللهمَّ سَلِّمْنِي مِنْ رَمَضَانَ، وَسَلِّمْ رَمَضَانَ لِي، وَتَسَلَّمْهُ مِنِّي مُتَقَبَّلًا

Arab-latin: “Allahumma salimnî min ramadlâna wa sallim ramadlâna lî wa tasallamhu minnî mutaqabbalan”

Artinya: “Ya Allah, selamatkanlah aku (dari penyakit dan uzur lain) demi (ibadah) Bulan Ramadhan, selamatkanlah (penampakan hilal) Ramadhan untukku, dan selamatkanlah aku (dari maksiat) di Bulan Ramadhan.”

Adapun doa berikut ini adalah permohonan Rasulullah saw yang diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud:

هِلالُ رُشْدٍ وَخَيْرٍ )مرتين(، آمَنْتُ بِالَّذِي خَلَقَكَ )ثَلاث مرات(، الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي ذَهَبَ بِشَهْرِ كَذَا ، وَجَاءَ بِشَهْرِ

Arab-latin: Hilālu rusydin wa khairin (2 kali), āmantu bil ladzī khalaqaka, (3 kali), alhamdulillāhil ladzī dzahaba bi syahri kadzā, wa jā’a bi syahri kadzā.

Artinya: “Bulan petunjuk dan kebaikan (2 kali). Aku beriman kepada Tuhan yang menciptakanmu (3 kali). Segala puji bagi Allah yang menghilangkan bulan itu, dan mendatangkan bulan ini,” (HR Abu Dawud).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: