Ada Aksi Mahasiswa Terkait Pemilu Curang di DPR, Polri Terjunkan Ribuan Personel

Ada Aksi Mahasiswa Terkait Pemilu Curang di DPR, Polri Terjunkan Ribuan Personel

Polri terjunkan ribuan personel amankan aksi demo di Monas, Kamis 18 April 2024-Foto: Ilustrasi/Humas Polri -

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID- Polri terjunkan 2.590 personel gabungan, untuk mengamankan aksi penyampaian pendapat di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Jumat 1 Maret 2024. 

Aksi ini diikuti elemen masyarakat, mahasiswa, pelajar, dan poros buruh.

Aksi ini dilakukan untuk menyampaikan berbagai tuntutan, terkait dugaan Pemilu curang. Salah satu tuntutan peserta aksi adalah mengganti para Komisioner KPU. 

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menjelaskan, personel gabungan tidak hanya dari unsur Polri. "Gabungan dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan instansi terkait," katanya.

BACA JUGA:Bareskrim Polri Mengklaim Politik Uang Turun Jadi 20 Kasus di Pemilu 2024, Nih Buktinya?

Ia merinci, personel nantinya akan ditempatkan di sejumlah titik di sekitar kompleks DPR/MPR RI. "Untuk mencegah massa aksi masuk ke dalam kawasan DPR/MPR RI," ujarnya.

Personel akan melakukan penutupan atau pengalihan arus lalu lintas di sekitar DPR/MPR RI, tergantung situasi di lapangan.

"Kita lihat nanti jumlah massanya, bila nanti di depan DPR/MPR RI massanya cukup banyak dan eskalasi meningkat," ucapnya. 

BACA JUGA:Bawaslu Telusuri Dugaan Jual Beli Suara di Pemilu 2024 Malaysia

Susatyo menambahkan, jika  jumlah massa banyak, penyekatan Jalan Gatot Subroto (depan DPR) akan dilakukan dari Restoran Pulau Dua.

"Kendaraan dari jalur dalam tol menuju pintu keluar tol depan DPR/MPR ditutup, diluruskan ke arah Slipi," katanya.

BACA JUGA:Pilkada Serentak 2024, Ini Jadwal Tahapan PKPU

Ia lalu meminta seluruh personel yang terlibat pengamanan untuk selalu bertindak persuasif, dan tidak gampang terprovokasi. "Kedepankan negoisasi, pelayanan, serta humanis," ujarnya.

Imbauan juga disampaikannya kepada para koordinator dan peserta aksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: