Hindari! Ini Daftar Makanan yang Menyebabkan Perut Cepat Membuncit

Hindari! Ini Daftar Makanan yang Menyebabkan Perut Cepat Membuncit

Ilustrasi perut buncit-Foto: Unsplash.com/TowfiquBarbhuiya-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Penyebab perut buncit merupakan suatu masalah kesehatan yang harusnya diwaspadai, karena dapat menuntun orang yang mengalaminya terkena beragam masalah kesehatan lain. Kondisi ini terjadi karena adanya penumpukan lemak yang tidak sehat, yaitu lemak viseral.

Tak dimungkiri konsumsi makanan tertentu dapat membuat perut membuncit. Studi menunjukkan kondisi perut buncit meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung, diabetes, dan Alzheimer.

Penyebab utama penumpukan lemak perut antara lain adalah pola makan yang tidak sehat, kekurangan aktivitas fisik, dan faktor genetik. Ketahui beberapa jenis lemak perut yang diidentifikasi memiliki sifat yang berbeda.

BACA JUGA:

Jenis lemak perut

  • Lemak subkutan: Merujuk pada lapisan lemak yang terletak tepat di bawah kulit perut. Lemak subkutan lebih mudah dikenali dan dipegang dibandingkan dengan lemak visceral. Meskipun menumpuknya lemak subkutan bisa mempengaruhi penampilan fisik, dampak kesehatan langsungnya cenderung lebih sedikit dibandingkan dengan lemak visceral.
  • Lemak visceral: Ini merupakan jenis lemak yang terletak di dalam rongga perut di sekitar organ-organ penting. Lemak ini dapat menyelip di antara organ dan dapat memberikan tekanan tambahan pada organ internal. Lemak visceral dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terhadap berbagai masalah kesehatan serius, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan beberapa jenis kanker.

Walaupun sebagian besar makanan ini merupakan makanan kesukaan atau sering kamu konsumsi, sebaiknya kamu segera menghindarinya agar tidak mengalami perut buncit.

Berikut merupakan makanan penyebab perut buncit yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Makanan Cepat Saji (Junk Food)

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, makanan cepat saji atau junk food memiliki kadar lemak jenuh yang tidak sedikit. Apalagi Junk food sendiri umumnya diolah dengan cara deep fried sehingga memiliki kandungan minyak berlebih di dalamnya. Karena itulah junk food bisa menjadi salah satu makanan yang bikin perut kamu buncit. Selain itu, junk food juga isinya berupa produk olahan yang minim serat sehingga membuat perut kamu buncit dan ususmu sulit mencernanya. Bahkan, junk food dapat memengaruhi metabolisme dan kondisi perut secara keseluruhan.

 

Cokelat batang

Cokelat batangan yang mengandung gula dan susu mengandung kalori yang tinggi. Studi dariAmerican Journal of Clinical Nutrition menunjukkan cokelat batangan merupakan makanan yang paling dikaitkan dengan penambahan berat badan dan jadi makanan penyebab perut buncit.

 

Keripik Kentang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: