Alasan SBY yang Tak Hadir Pelantikan AHY

Alasan SBY yang Tak Hadir Pelantikan AHY

Momen AHY saat dilantik sebagai Menteri ATR yang baru oleh Presiden Jokowi di Istana, Jakarta, Rabu, 21 Februari 2024.-Foto: Instagram.com/@ahybersamarakyat-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Mantan Presiden ke-6 RI yang juga saat menjabat sebagai Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono atau yang lebih dikenal dengan sapaan SBY disebut tak dapat hadiri pelantikan putranya yakni Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri ATR/BPN oleh Presiden Jokowi di Istana, pada Rabu, 21 Februari 2024.

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Pribadi SBY dan Wasekjen Partai Demokrat, Ossy Dermawan.

Menurut Ossy, SBY tak dapat hadir dan saksikan pelantikan AHY lantaran baru saja tiba di Cikeas, Jawa Barat usai melakukan perjalanan panjang dari Jawa Tengah-Jawa Timur.

"Bapak SBY sudah mendoakan dan memberikan restu untuk Mas AHY dalam menjalankan tugas negara ke depan," ungkap Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Ossy Dermawan di Jakarta, pada Rabu, 21 Februari 2024.

Ossy, yang juga sekretaris pribadi SBY itu, menyampaikan bahwa AHY bertemu SBY, Selasa malam, 20 Februari 2024 di Cikeas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, untuk memohon doa restu untuk perjalanannya ke depan dalam mengemban amanah sebagai menteri ATR/kepala BPN.

BACA JUGA:

"Bapak SBY sendiri tidak hadir dalam pelantikan hari ini karena baru saja tiba di Cikeas dari perjalanan ke Jawa Tengah dan Jawa Timur," tambah Ossy.

Diketahui, pelantikan itu akan dilaksanakan pukul 11.00 WIB siang ini di Istana Merdeka, Jakarta. Selain melantik dua menteri, Jokowi juga akan mengambil sumpah jabatan anggota Komisi Kejaksaan.

Pelantikan AHY itu memberi sinyal berakhirnya posisi Partai Demokrat sebagai oposisi pemerintahan Jokowi selama hampir 10 tahun.

Sejak Jokowi menjabat sebagai presiden pada periode 2014-2019 dan 2019-2024, Demokrat kerap menegaskan posisinya sebagai partai oposisi pemerintah.

Namun, situasi politik pada Pemilu 2024 menempatkan Partai Demokrat berada dalam gerbong yang sama dengan Jokowi melalui Koalisi Indonesia Maju.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua menteri hari ini di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 21 Februari 2024.

BACA JUGA:

Mereka adalah Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertahanan Nasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: