Wajib Tahu, Inilah Jamu Herbal yang Terbukti Ampuh Sembuhkan Penyakit

Wajib Tahu, Inilah Jamu Herbal yang Terbukti Ampuh Sembuhkan Penyakit

Kementerian Kesehatan mengungkap bahwa jamu sebagai minuma dengan ramuan tradisional yang bisa menyembuhkan beragam penyakit sehari-hari.--Pinterest

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Masalah kesehatan manusia selalu menjadi perhatian sejak dahulu kala. Pada  jaman dulu manusia menggunakan bahan alam yang digunakan sebagai obat hanya melalui insting.

Adapun bahan alam yang digunakan mulai dari tumbuhan hingga hewan. Dan ramuan ini diturunkan kepada generasi selanjutnya hingga saat ini.

Bahkan beberapa diantaranya tercatat di relik, candi, hingga prasasti, dan dari situlah ilmu tentang obat tradisional masih berkembang hingga saat ini.

BACA JUGA:Resep Jamu Kekinian yang Bikin Kulit Auto Mulus, Anak Zaman Now Wajib Coba

Indonesia sudah dikenal sebagai salah satu negara multikultural sampai saat ini dengan resep pengobatan tradisional yang diwariskan secara turun temurun.

Bahkan di masa kini ditengah perkembangan dunia medis yang semakin canggih dan modern, masih banyak kalangan yang lebih memilih untuk menggunakan obat tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang dialami sehari-hari. Salah satu ramuan obat yang dijadikan resep dan bisa diminum adalah jamu.

Masyarakat Indonesia, khususnya Orang Jawa telah lama mengkonsumsi jamu sebagai sumber pengobatan dan pencegahan dari penyakit.

Jamu-jamu yang sering dijumpai bersumber dari berbagai tumbuhan dengan berbagai macam khasiatnya yang sampai sekarang terbukti bermanfaat.

Jamu beras kencur-Pinterest

Menguti dari laman Kementerian Kesehatan, pada Selasa 20 Februari 2024, Berikut merupakan beberapa rempah-rempah dan jamu yang sampai sekarang masih banyak dikonsumsi oleh Masyarakat Indonesia:

1. Kunyit

Kunyit, Kunir atau Termeric, terbukti berkhasiat untuk mengobati nyeri dan anti inflamasi (peradangan). Di Asia Selatan, kunyit sudah digunakan lebih dari 4000 tahun sebagai obat terbaik untuk mengatasi nyeri terutama karena inflamasi. Studi menyebutkan bahwa kandungan Curcumin yang ditemukan dalam kunyit dapat meredakan nyeri pada artritis lebih baik dari obat anti inflamasi Natrium Diclofenac, dan sama efektifnya dengan obat Ibuprofen. Selain untuk obat anti inflamasi, kunyit juga dipercaya untuk mengurangi nyeri menstruasi, tekanan darah tinggi hingga menurunkan berat badan.

Biasanya kunyit dicampur dengan bahan lainnya untuk membuat jamu Kunir Asam, Bahan utama yang digunakan meliputi buah asam ditambah kunyit, kadang-kadang ada yang dicampur dengan sinom (daun asam muda), temulawak, kedawung, dan air jeruk lemon. gula merah dicampur dengan gula putih dan sedikit garam digunakan sebagai pemanis. Orang jawa menyebut jamu ini sebagai ‘adem-ademan’ atau ‘seger-segeran’, yang dipercaya untuk menyegarkan tubuh, mengatasi nyeri tenggorokan, mendinginkan perut dan mempercepat menstruasi. Juga untuk menurunkan tekanan darah dan mengatasi konstipasi.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Jamu Herbal untuk Penyembuhan Penderita Mpox

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: