Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Ini Jadwal, Niat serta Keutamaan Puasa di Malam Nisfu Syaban

Kapan Malam Nisfu Syaban 2024? Ini Jadwal, Niat serta Keutamaan Puasa di Malam Nisfu Syaban

6 Syarat Wajib Jalankan Ibadah Puasa Ramadan-Foto: Unsplash.com-Berbagai Sumber

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Dalam bahasa Arab, 'Nisfu' berarti 'setengah' dan 'Syaban' merupakan bulan dalam penanggalan Islam.

Perayaan ini jatuh pada tanggal 15 bulan Syaban, menjadi sebuah momen yang dianggap istimewa oleh banyak umat Islam.

Banyak umat Islam yang memanfaatkan malam ini untuk melakukan ibadah dan berdoa agar diberkahi oleh Allah SWT.

Berdasarkan kalender Islam Hijriah yang diterbitkan Kementerian Agama RI, awal bulan Syaban 1445 H jatuh pada Minggu, 11 Februari 2024.

Lantas, kapan puasa Nisfu Syaban 2024?

Dilansir dari buku Kalender Ibadah Sepanjang Tahun yang disusun oleh Ust Abdullah Faqih Ahmad Abdul Wahid, banyak ulama yang berpendapat bahwa sunnah hukumnya berpuasa di pertengahan bulan Syaban, sebagaimana sabda Rasulullah SAW:

BACA JUGA:

"Jika tiba waktu malam nisfu Sya'ban, maka beribadahlah dimalamnya dan puasalah disiangnya, karena sesungguhnya Allah Ta'ala menurunkan rahmat-Nya mulai tenggelamnya matahari (Maghrib) di langit dunia dan berfirman, 'Siapa yang meminta ampun akan Aku ampuni. Siapa yang minta rezeki akan Aku beri rezeki. Siapa yang terkena musibah akan Aku sembuhkan. Siapa yang minta ini dan itu seterusnya, sampai waktu terbitnya fajar (matahari)." (HR. Ibnu Majah).

Malam Nisfu Syaban tersebut akan jatuh pada tanggal 25 Februari 2024 nanti. Jadi, malam Nisfu Syaban dimulai dari tanggal 24 Februari 2024 malam sampai tanggal 25 Februari 2024 dini hari.

Ikhbar awal Syaban dan Nisfu Syaban tertera dalam pengumuman Nomor 015/LF-PBNU/II/2024 tentang Awal Bulan Syaban 1445 H. Hasil tersebut sesuai dengan kalender Hijriah Indonesia 2024 susunan Bimas Islam Kementerian Agama Republik Indonesia.

Niat Puasa Nisfu Syaban

Umat muslim dianjurkan untuk melafalkan niat puasa Nisfu Syaban pada malam harinya. Adapun niatnya sama halnya dengan niat puasa sunnah lainnya di bulan Syaban.

Berikut niat puasa Nisfu Syaban:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ شَعْبَانَ لِلهِ تَعَالَى

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: