Intip Harga dan Canggihnya Apple Vision Pro yang Bikin Takjub!

Intip Harga dan Canggihnya Apple Vision Pro yang Bikin Takjub!

Apple Vision Pro-Foto: Instagram.com/@pubity-

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID -  Vison Pro adalah produk baru pertama Apple dalam tujuh tahun terakhir. Perangkat virtual reality (VR) ini mulai dijual Apple Store di AS dan diprediksi akan menjadi salah satu produk teknologi paling inovatif di masa depan.

CEO Apple Tim Cook, jelang perilisan, mengatakan perangkat ini sebagai "perangkat elektronik konsumen tercanggih yang pernah dibuat."

Apple Vision Pro pada dasarnya merupakan headset mixed reality yang diciptakan oleh perusahaan Apple. Pertama kali diumumkan pada 5 Juni 2023 lalu dan resmi meluncur pada 2 Februari 2024 di Amerika Serikat. 

Apple memasarkan Vision Pro sebagai "komputer spasial" yang mana media digital terintegrasi dengan dunia nyata, dan input fisik seperti gerakan, pelacakan mata dan pengenalan suara dapat digunakan untuk berinteraksi dengan sistem tersebut. 

BACA JUGA:

Apple sendiri mempromosikan Apple Vision Pro sebagai headset mixed reality dan menghindari penggunaan istilah virtual reality atau augmented reality.

Apple Vision Pro berjalan menggunakan visionOS, sistem operasi mixed reality yang berasal dari fondasi iOS, iPadOS dan macOS dengan antarmuka 3D yang telah disesuaikan.

Cook dengan tegas menyatakan bahwa Vision Pro adalah investasi pada teknologi dan fitur canggih yang ditawarkan. "Kami sudah memberikan harga yang tepat untuk saat ini," tambahnya dengan yakin.

Headset Augmented Reality (AR) sering dianggap sebagai barang mewah yang hanya bisa dinikmati oleh golongan tertentu. Keberadaannya dianggap sebagai penghambat konsumen umum, tetapi Cook menegaskan bahwa Vision Pro bukan semata-mata untuk elite.

Layarnya juga menggunakan micro-OLED Apple Vision Pro yang memiliki 23 juta piksel. Sejumlah fitur mumpuni pun diberikan oleh Apple untuk pengguna, di mana mereka bisa menikmati fitur PGA Tour seperti pelacakan tembakan real-time menggunakan model lapangan golf 3D. 

Kemudian ada juga fitur Multiview yang mendukung hingga lima siaran berbeda untuk streaming NBA. Perangkat ini juga memungkinkan seseorang untuk menikmati permainan MLB dengan pemandangan stadion bisbol yang mendalam dengan statistik lapangan. 

BACA JUGA:

Akan ada pula peta balapan 3D, video berkualitas tinggi, dan lingkungan yang imersif untuk ajang balapan. Vision Pro diyakini bukan barang yang mudah dijual, karena harganya yang cukup fantastis bagi sebagian orang. Apple membanderol perangkat varian standar dengan penyimpanan 256 GB mulai Rp55 juta.

Harga itu belum termasuk lensa baca yang dijual terpisah mulai US$149 (setara Rp2,3 juta) dan sisipan lensa mulai US$99 (setara Rp1,5 juta).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: