Bak Arena Perang Psikologi, Inilah Arti Gestur Ketiga Capres di Debat Terakhir Pilpres 2024

Bak Arena Perang Psikologi, Inilah Arti Gestur Ketiga Capres di Debat Terakhir Pilpres 2024

Ketiga paslon capres 2024, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.-Foto: Instagram.com/@matakelana-

Diambil dari berbagai sumber yang dikutip pada Senin, 5 Februari 2024, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo disebut tidak lagi banyak saling menyerang seperti debat-debat sebelumnya.

Monica mengemukakan dua hipotesis dibalik tampilan Prabowo yang lebih tenang dalam debat terakhir, yang pertama karena kondisi kesehatannya memang sedang menurun seperti isu yang sebelumnya beredar. 

BACA JUGA:

Menurut dia, kehadiran seorang dokter dan mantan menteri kesehatan, Letnan Jenderal TNI (Purnawirawan) Terawan Agus Putranto, di barisan pendukung Prabowo menjadi salah satu indikasi yang memperkuat hipotesis perihal masalah kesehatan.

"Beliau (Terawan) sebagai pendukung atau sebagai tenaga medis, atau merupakan dua-duanya, ini semakin memperkuat bahwa hipotesis pertama adalah karena kondisi kesehatan. Ini juga yang akhirnya berlaku, Beliau (Prabowo) menolak untuk menjawab pertanyaan bahkan berfoto setelah akhir sesi debat," ujar Monica.

Hipotesis kedua, menurut Monica, penampilan lebih tenang Prabowo dalam debat kelima merupakan bagian dari strategi untuk meningkatkan elektabilitas dengan menunjukkan kemampuan mengendalikan emosi dengan baik.

"Ini memang merupakan suatu cara untuk mendulang lagi elektibilitas yang lebih tinggi. Jadi, masyarakat akan melihat lagi bahwa (capres nomor) 2 ini sudah cukup tertata emosinya dan akan mendapatkan tempat di hati masyarakat. Apalagi masyarakat pemilih kita ini adalah masyarakat yang penuh dengan belas kasih," ia menjelaskan.

KPU sudah selesai menggelar debat kelima atau debat pamungkas terakhir yang diikuti capres kemarin pada Minggu, 4 Februari 2024, yang digelar di JCC Senayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: