Bikin Emosi! Rendang hingga Lagu Rasa Sayange Diklaim Malaysia: Pernah Dipakai saat Pembukaan Asian Games 2017

Bikin Emosi! Rendang hingga Lagu Rasa Sayange Diklaim Malaysia: Pernah Dipakai saat Pembukaan Asian Games 2017

Reog Ponorogo, pernah di Klaim negara lain sebagai kebudayaan milik mereka Foto : Beritajatim.com--

Masyarakat Indonesia sontak protes dan menuding, Malaysia telah mencuri lagu ini untuk  kepentingan mereka. 

Meskipun kemudian saat berkunjung ke Jakarta pada 9 September 2023, Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menegaskan lagu Rasa sayang sayange, adalah lagu asal Indonesia.

Ia menegaskan ini, karena masih mendengar klaim dari sejumlah pihak yang menyatakan lagu itu berasal dari Malaysia. 

''Dulu pernah sempat Lagu Rasa sayange ada yang bicara itu dari kami asalnya Malaysia. Itu Google saja tahu sejarahnya. Kita asalnya Indonesia, ''ucapnya.

Seni berikut yang juga di klaim milik negara tetangga (Malaysia) adalah seni Reog Ponorogo. Reog hendak di klaim Malaysia mulanya ramai menjadi perbincangan pada akhir tahun 2007.

Pengklaiman Reog Ponorogo oleh Malaysia sebagai kebudayaan mereka, sudah tentu salah alamat. Orang awampun tahu jika Reog Ponorogo asalnya dari Jawa Indonesia tepatnya dari wilayah Ponorogo Provinsi Jawa Timur. 

Seni kebudayaan lain yang di klaim negara tetangga (Malaysia) adalah Pencak Silat.UNESCO telah menetapkan pencak silat dari Indonesia sebagai warisan budaya tak benda dalam sidang pada 2019.

Selain Pencak Silat dari Indonesia, sidang UNESCO juga menetapkan sekitar 15 usulan warisan tak benda dari negara lain termasuk Silat dari Malaysia. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: