Inilah 8 Dewa Kepercayaan Masyarakat Tionghoa yang Dipercaya Membawa Hoki Berlimpah

Inilah 8 Dewa Kepercayaan Masyarakat Tionghoa yang Dipercaya Membawa Hoki Berlimpah

Dewa Buddha.-Foto: Unsplash.com/HuyHongHot-

Wu Lu Cai Shen

Dewa satu ini disebut juga sebagai Dewa Harta Lima Penjuru, karena mempunyai empat pengiring. Bersama keempat pengiringnya, Wu Lu Cai Shen dan pengiringnya sering divisualisasikan bersama-sama dalam bentuk lukisan gambar dan patung.

 

Fan Li

Fan Li dikagumi oleh para pedagang karena kemampuan berbisnisnya yang hebat. Fan Li juga merupakan seorang dermawan dan suka membantu orang-orang miskin. Oleh karena itu, Fan Li dikenal sebagai salah satu Dewa Rezeki Sipil atau Wen Cai Shen.

BACA JUGA:

 

Fu De Zheng Shen 

Fu Du Zheng Shen yang juga dikenal Tu Di Gong atau Dewa Bumi itu satu Dewa dalam agama Tao yang sering dianggap sama atau merupakan nama resmi dari Dewa Bumi atau sering disebut Tu Di Gong. Banyak masyarakat Tionghoa mempercayainya sebagai pelindung tempat usaha (wilayah) maupun hasil bumi bagi para pengusaha dan petani. Itulah sebabnya Tu Di Gong juga dipuja sebagai salah satu Dewa Rezeki. Dewa Fu De Zheng Shen digambarkan sebagai seorang pria tua yang tersenyum ramah, berambut serta berjanggut panjang berwana putih, dan seringkali digambarkan dalam posisi duduk. Tidak banyak klenteng yang membedakan antara Fu De Zheng Shen dengan Tu Di Gong.

 

Budai  

Budai rupangnya sangat terkenal dan mudah dikenali. Ia selalu divisualkan dengan ekspresi gaya sedang tertawa, mengenakan jubah Biksu yang tidak dapat menutupi perutnya yang buncit, dan sedang menggenggam atau memakai sebuah tasbih.

 

Cai Bo Xing Jun

Cai Bo Xing Jun adalah Cai Shen yang paling sering dimunculkan dalam ilustrasi berbentuk patung atau lukisan. Beliau sering dianggap sebagai Zhao Gong Ming atau Bi Gan. Dikatakan bahwa Beliau sebenarnya adalah utusan Kaisar Langit, yaitu Taibai Jinxing yang dikirim ke dunia untuk menolong umat manusia. Tugasnya adalah mengatur harta kekayaan di dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: