Simak Kalender Jawa Februari 2024, Lengkap dengan Weton dan Tanggalan Jawa

Simak Kalender Jawa Februari 2024, Lengkap dengan Weton dan Tanggalan Jawa

Kalender Weton Jawa Februari 2024-Tangkapan Layar- Youtube:Guru Jagoan--

JAKARTA, RADARPENA.CO.ID - Berikut adalah kalender Jawa februari 2024 lengkap dengan weton dan pasaran yang bisa kamu manfaatkan untuk berbagai hal. 

Kalender Jawa adalah sistem penanggalan yang digunakan oleh Kesultanan Mataram dan berbagai kerajaan serta daerah yang mendapat pengaruhnya.

Penanggalan istimewa, memadukan sistem penanggalan Islam, Hindu, dan Julian yang merupakan bagian dari budaya Barat.

Kalender Jawa memiliki dua siklus: mingguan (saptawara) dengan 7 hari (Ahad-Sabtu) dan pekan pancawara dengan 5 hari pasaran (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon).

Tak dapat dipungkiri bahwa kalender jawa merupakan sebuah warisan budaya yang kaya akan makna dan tradisi. 

Kalender Jawa juga menjadi penanda waktu yang tidak hanya mencerminkan aspek astronomis, tetapi juga nilai-nilai kehidupan masyarakat Jawa. 

BACA JUGA:Budaya Jawa! 4 Pasangan Weton Ini Tidak Boleh Menikah Lho, Apa Saja?

Kalender Jawa, yang memiliki akar dalam tradisi Hindu-Budha, telah berkembang seiring waktu dan memasukkan unsur-unsur lokal. Ini mencerminkan keragaman dan toleransi dalam masyarakat yang majemuk. 

Tidak hanya sebagai alat untuk mengukur waktu, tetapi kalender Jawa juga menjadi panduan untuk melaksanakan upacara adat, merencanakan pertanian, dan menentukan momen-momen penting dalam kehidupan.

Tanggal weton jawa menjadi salah satu aspek yang kerap dipertimbangkan ketika seseorang ingin melakukan suatu hal dalam kehidupan mereka. Meskipun sebagian besar masyarakat Indonesia menggunakan kalender Gregorian dalam kehidupan sehari-hari, namun kalender Jawa tetap memainkan peran penting dalam menjaga tradisi lokal.

Perbedaan dalam sistem penanggalan, penamaan bulan, dan perhitungan waktu menciptakan keragaman yang memperkaya identitas budaya Indonesia. 

Dalam bulan Februari 2024, kalender Jawa menyuguhkan serangkaian tanggal weton yang menjadi penunjuk apakah itu adalah hari baik atau tidak bagi seseorang.

Berikut Kalender Weton Jawa Bulan Februari 2024 lengkap dengan tanggalan Jawa:

1 Februari 2024 = 20 Rejeb 1957 Ja = Kamis Pon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: