Mulai Januari 2024, BPS Tetapkan Kabupaten Mukomuko Jadi Titik Pantauan Indeks Harga Konsumen di Bengkulu

Mulai Januari 2024,  BPS Tetapkan Kabupaten Mukomuko Jadi Titik Pantauan Indeks Harga Konsumen di Bengkulu

Kepala BPS Provinsi Bengkulu Ir. Win Rizal,ME saat menyampaikan rilis di Kantor BPS 1 Februari 2024 Foto : Ist--

JAKARTA,RADARPENA,CO,ID- Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu Kamis 1 Februari 2024 merilis angka inflasi di Provinsi Bengkulu bulan Januari 2024.

Rilis Februari ini terdapat hal yang spesial lantaran Kabupaten Mukomuko menjadi Kota ke-2 di Bengkulu yang turut di pantau.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu Ir. Win Rizal, ME menegaskan sebelumnya, pemantauan BPS di Provinsi Bengkulu hanya Kota Bengkulu saja sebagai wilayah yang mewakili Provinsi Bengkulu secara keseluruhan.

''Tapi untuk  kali ini, Pusat menyetujui Kabupaten Mukomuko ikut dipantau, ''ujarnya setelah penyampaian keterangannya.

BACA JUGA:Mengenal Sultan Ibrahim, Raja Baru Malaysia yang Tajir Melintir: Punya Jet Pribadi hingga Mobil Adolf Hitler!

Sebelumnya Kabupaten lain seperti Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, Rejang Lebong serta Kepahiang sudah di usulkan ke Pusat untuk  menjadi titik pantauan

Namun baru Mukomuko saja yang disetujui, sedangkan Kabupaten-kabupaten  lain di Bengkulu masih menunggu keputusan.

Penunjukkan Mukomuko menjadi wilayah kedua dipantau, mengingat tempat ini mencukupi persyaratan, antara lain aktfivitas ekonomi disana. ''ke depan kabupaten yang belum masuk akan kita usulkan lagi ke pusat ''sebutnya.

Perbedaan lain dari rilis terkait inflasi di Bengkulu yang merupakan gabungan dari Kota Bengkulu dan Mukomuko, telah menggunakan Tahun dasar 2022 berdasarkan Suvei Biaya Hidup terbaru.

Sebelumnya tahun dasar berdasarkan survei biaya hidup menggunakan angka yang diambil hasil survei tahun 2018. 

Tak itu saja, Badan Pusat Statistik BPS menemukan sepanjang tahun 2023 sampai dengan memasuki tahun 2024 yang baru memasuki bulan ke-2

Adalah komoditas beras hingga mencapai 9 bulan menjadi komoditas penyumbang inflasi paling dalam, dilanjutkan oleh komoditas Rokok, Perhiasan baik logam mulia maupun perhiasan dan Transportasi udara.

Jika demikian, bagaimana angka inflasi di Provinsi Bengkulu yang merupakan hasil gabungan pemantauan antara KOta Bengkulu dan Kabupaten Mukomuko, hingga disetarakan sebagai angka inflasi Provinsi Bengkulu.

Ir. Win Rizal, ME mengatakan pada bulan Januari 2024 Inflasi Year on year di Provinsi Bengkulu sebesar 2,83 persen dengan indeks Harga Konsumen sebesar 105,24  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: