Fosil Tulang Dinosaurus 90 Juta Tahun Ditemukan di Tiongkok Timur, Ahli Ungkap Spesiesnya

Fosil Tulang Dinosaurus 90 Juta Tahun Ditemukan di Tiongkok Timur, Ahli Ungkap Spesiesnya

Fosil tulang Dinasaurus berusia 90 juta tahun yang ditemukan di Tiongkok Timur-Foto: Xinhua News Agency via CGTN-

TIONGKOK, RADARPENA.CO.ID-Ahli paleontologi TIONGKOK menemukan tulang dinosaurus fosil dari periode Kapur 90 juta tahun yang lalu. 

Mereka kemudian percaya itu adalah spesies baru yang disebut "Gandititan cavocaudatus".

Wakil kurator Museum Geologi Jiangxi Wang Lingyun mengatakan tulang-tulang ini ditemukan pada Juni 2021 di lokasi konstruksi di Distrik Ganxian di kota Ganzhou, Provinsi Jiangxi, Tiongkok timur.

BACA JUGA:Peringatan Dini BMKG Kamis 1 Februari 2024: Waspada Cuaca Ekstrem di 27 Wilayah

Pada tahun yang sama, museum tersebut mulai bekerja sama dengan Universitas Sains Geologi China (CUG) di Wuhan dan Institut Survei dan Eksplorasi Geologi Jiangxi untuk melakukan restorasi dan penelitian.

Melansir Xinhua News Agency 31 Januari 2024, Pemimpin tim proyek dari CUG (Wuhan) di Provinsi Hubei, Tiongkok tengah, Han Fenglu menyatakan bahwa spesies tersebut, sauropoda titanosaurian baru, termasuk dalam jenis dinosaurus raksasa yang disebut Titanosauria.

BACA JUGA:Fosil Naga Biru Ditemukan Para Ilmuwan, Begini Bentuk dan Penjelasannya

Menurut Han, tulang-tulang yang ditemukan berjumlah sekitar 40% dari kerangka dinosaurus, yang sangat langka di dunia karena kelembutannya dan integritasnya.

Ada 6 vertebra serviks yang diartikulasikan, 2 vertebra punggung parsial, dan sakrum lengkap yang diartikulasikan dengan 17 vertebra ekor pertama dan sebagian panggul kanan.

Han mengatakan, kolon tulang belakang yang sehat memungkinkan perkiraan yang akurat tentang panjang total tubuh 14 meter, yang relatif kecil di antara sauropoda.

Penemuan ini, yang diterbitkan pada 17 Januari dalam Journal of Systematic Palaeontology terbaru, sangat penting untuk studi evolusi dan penyebaran paleogeografi spesies selama periode Cretaceous.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: